ANALISIS KINERJA INDUSTRI MANUFAKTUR PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Charitin Devi, Yohanna Thresia Nainggolan, Sulistya Rini Pratiwi, Meylin Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sektor industri manufaktur provinsi Kalimantan Utara menggunakan metode DEA (Data Envelopment Analysis). Data yang digunakan dalam penelitian adalah data statistik industri Kalimantan Utara yang meliputi nilai input dan output industri manufaktur tahun 2017 dan 2018 yang dihitung oleh Badan Pusat Statistik. Pengolahan data dilakukan dengan software EMS (Efficiency Measurement System). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa tahun 2017 DMU 2 (industri kayu) sudah efisien dengan nilai efisiensi 100%, sedangkan DMU 1 (industri makanan), DMU 3 (industri percetakan dan reproduksi media rekaman) dan DMU 4 (industri barang galian bukan logam) inefisien dengan nilai efisiensi masing-masing sebesar 55,48%, 44,00% dan 62,00%. Untuk tahun 2018 DMU 1 (industri makanan), DMU 2 (industri kayu), dan DMU 3 (industri percetakan dan reproduksi media rekaman) inefisien dengan nilai efisiensi sebesar 27,40%, 29,25% dan 42,26%. DMU 4 kode 23 (industri barang galian bukan logam) sudah efisien dengan nilai 100%.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). Diakses dari http://www.bps.go.id/, Januari dan Februari 2021.

Filardo, Andrew, dkk. (2017). Penerapan Data Envelopment Analysis dalam Pengukuran Efisiensi Retailer Produk Kendaraan Merek Toyota. Jurnal Sains Dan Seni ITS, Volume 6 Nomor 1.

Insukindro, Nopirin, Makhfatih,A., Ciptono,cS.M., 2000. “Laporan Akhir Pengukuran Efisiensi Relatif Pelayanan Kantor Cabang Pegadaianâ€, Penelitian dan Pengembangan Manajemen (PPM) Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Lestari, Etty Puji, 2007, “Disparitas Efisiensi Teknis Antar Sub Sektor Dalam Industri Manufaktur Di Indonesia, Aplikasi Data Envelopment Analysis†Jurnal Organisasi dan Manajemen Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka.

Lestari, Etty Puji, Isnina WSU. Analisis Kinerja Industri Manufaktur Di Indonesia. Journal Of Research In Economics And Management, Volume 17, No. 1, Januari – Juni 2017.

Nadia, Hidayati Deyshma, dkk. (2015). Analisis Perbandingan EfisiensI Kerjasama Asuransi Penjaminan Di Bank BRI Syariah KCI Citarum Bandung Dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah. Volume 1 Nomor 2. Agustus 2015.

Rahmatika, dkk. Pengukuran Efisiensi Kinerja Komoditi Industri Sandang Kabupaten Agam Menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). UNP Journal of Mathematics, Volume 2 Nomor 1, 2019.

Sa’diyah, Nur Halimatu. (2016). Analisis Efisiensi Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (Dea) (Kasus Pada PT. Indonesia Toray Sinthetic). Sains Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 9 Nomor 1. Desember 2016.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukirno, Sadono. 2013. Makroekonomi: Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Widiyana, Satya Swesty, dkk. Analisa Pengukuran Efisiensi Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Dea) Di Heaven Store Surabaya Barat. Prozima, Volume 1 Nomor 1, 2017.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i01.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License