RANCANG BANGUN MODUL AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) OMRON SYSMAC CPM2A

Aprianus Sola, Ruslim Ruslim

Abstract


Sumber listrik utama yang disalurkan dari PLN tidak selamanya hidup atau dapat men-suplai ke konsumen secara terus menerus, suatu saat pasti akan terjadi pemadaman atau adanya perbaikan pada pembangkit. Untuk mengantisipasi dari pemadaman tersebut, maka ada beberapa konsumen PLN yang melengkapi rumah atau perusahaannya dengan pembangkit listrik cadangan yaitu genset. Jika terjadi pemutusan dari suplai PLN, tentunya dibutuhkan peralatan yang berfungsi sebagai pemindah sumber tegangan dari PLN ke genset. Namun demikian pemindah secara manual membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah ATS berbasis PLC atau yang berfungsi untuk memindahkan sumber tegangan secara otomatis. Dari hasil desain dan implementasi ATS diperoleh bahwa dalam kondisi PLN mati atau hidup tidak diperlukan lagi tenaga operator. Selain itu waktu proses dalam pemindahan sumber tegangan juga lebih singkat.


Keywords


ATS; PLC; PLN; Sumber Daya Listrik

Full Text:

PDF

References


Iwan Setiawan, 2006, Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol, Dell Publissing, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Handy wicaksono, 2009, Programmable Logic Controller. Teori, Pemograman dan aplikasinya dalam otomasi sistem, Yogyakarta.

Febrio Nugrah Alganiy, 2001, KONTAKTOR SEBAGAI KOMPONEN PENGENDALI MOTOR LISTRIK, Palembang.

I Ketut Wijaya, 2009, Penggunaan dan Pemilihan Pengaman Mini Circuit Breaker (MCB) Secara Tepat Menyebapkan Bangunan Lebih Aman Dari Kebakaran Akibat Listrik, Universitas Undiyana, Bali.

HimawanWibowo, 2005, ANALISA TEKNOEKONOMI PEMAKAIAN GENSET DAN SUMBER PLN PADA TRANSMITER TVRI, Semarang




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v4i1.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â