PERANCANGAN PROTOTYPE BUKA TUTUP PORTAL MENGGUNAKAN ARDUINO

Junaidi Junaidi, Dedy Harto

Abstract


Perancangan prototype buka tutup portal parkir menggunakan arduino. Perancangan ini terdiri dari dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri dari laser, modul sensor LDR, mikrokontroler Arduino Uno, motor servo, Dan LCD 16x2. Perangkat lunak digunakan software Arduino IDE. Dari hasil penelitian, data modul sensor LDR akan diproses dengan menggunakan mikrokontroler, Arduino Uno. Mikrokontroler akan menerima masukan dari sensor. Pada pintu masuk ketika penembakan cahaya laser terhalang oleh kendaraan, maka motor servo akan bekerja kesudut 180° (kondisi terbuka) dengan tegangan 4,82 V pada kondisi HIGH dan LCD akan menghitung total kendaraan yang masuk. Ketika penembakan cahaya laser tidak terhalang oleh kendaraan/telah melewati portal, maka motor servo akan bekerja kesudut 90° (kondisi tertutup) dengan tegangan 161,8 mV pada kondisi LOW dan LCD akan mengurangi sisa tempat parkir yang tersisa. Begitupun ketika kondisi pada pintu keluar ketika penembakan cahaya laser terhalang oleh kendaraan, maka motor servo akan bekerja kesudut 180° (kondisi terbuka) dengan tegangan 4,82 V pada kondisi HIGH dan LCD akan mengurangi total kendaraan yang masuk. Ketika penembakan cahaya laser tidak terhalang oleh kendaraan/telah melewati portal, maka servo akan bekerja kesudut 90° (kondisi tertutup) dengan tegangan 161,8 mV pada kondisi LOW dan LCD akan menambah sisa tempat parkir yang tersisa.


Keywords


Tempat Parkir; Arduino; Sensor; LCD; Laser

Full Text:

PDF

References


Meka Yudha Qirana. 2014. “Prototype Monitoring Area Parkir Mobil Berbasis Arduino Uno Untuk Mendeteksi Ketersediaan Slot Parkir Secara Otomatis Pada Perguruan Tinggi Raharjaâ€. Tangerang: STMIK Raharja.

Pambudi, Sucinata Agung. 2009. “Rancang Bangun Kendali Sistem Parkir Otomatis Menggunakan Sensor LDR Berbasis Mikrokontroler AT89S51â€. Semarang: Universitas Diponegoro.

Priyadi Dwi, 2015, “Simulasi Sistem Parkir Mobil Dua Lantai Berbasis Arduino Dengan Pengendali Androidâ€, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Yusuf Muhamad. 2009 , “Prototipe Sensor Parkir Mobil Berbasis Mikrokontroler AT89S51â€, Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v4i1.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License