SISTEM MONITORING AKUARIUM BERBASIS MIKROKONTROLER DAN DJANGO WEB FRAMEWORK

Muhamad Nasir, Novia Natasya

Abstract


Saat ini pemantauan akuarium masih dilakukan secara manual yakni masih dipantau dengan cara harus melihat langsung secara terus menerus di akuarium. Jika sistem pemantauan tersebut digantikan dengan menggunakan sistem yang lebih modern akan sangat memudahkan para pemelihara ikan itu sendiri. Salah satu sistem yang diusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Sistem monitoring akuarium secara realtime berbasis mikrokontroler. Sistem ini menggunakan sensor turbidity, sensor ultrasonik, sensor pH dan sensor LM35 yang berfungsi untuk mengukur tingkat kekeruhan air, ketinggian air, keasaman air dan juga suhu air yang terhubung dengan website monitoring akuarium. Sistem ini memudahkan untuk pemelihara ikan dalam memonitoring akuarium tanpa harus melihat akuarium secara langsung. Sistem yang dibuat menggunakan framework django base python dan SQLite sebagai databasenya. Sistem ini diuji di Politeknik Negeri Bengkalis, menggunakan akuarium mini. Sistem ini berhasil dengan baik dengan menampilkan data tingkat kekeruhan air, ketinggian air, keasaman air dan juga suhu air. Data yang didapatkan ditampilkan di website dalam bentuk grafik dan angka.

Keywords


Monitoring System;Aquarium;Realtime;website; django framework

Full Text:

PDF

References


Eltra, E, B., dkk., Otomatisasi Sistem Kontrol Ph dan Informasi Suhu Pada Akuarium Menggunakan Arduino Uno Dan Raspberry Pi 3 : Kupang, 2018.

Rivai, M., “Sistem Monitoring PH dan Suhu Air dengan Transmisi Data Nirkabel”, Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

S. Charana, " Arduino Based Aquarium Monitoring System", International Research Journal of Engineering, vol.06, pp.605-608, 2019

M. S. U. Chowdury, "IoT Based Real-time River Water Quality Monitoring System, Procedia Computer Science 155, pp.161-168, 2019

M. S. Ramadhan, "Sistem Kontrol Tingkat Kekeruhan Kekeruhan pada Aquarum Menggunakan Arduino Uno", J. Tek. ITS, vol.7, pp.87-91, 2018

Simanjuntak , D, A., Sistem Monitoring Kekeruhan Dengan Metode Pendeteksi Warna Pada Air Dengan Sms Gateway : Sumatera Utara, 2016.

Tenggono, A., Wijaya, T., Sistem Monitoring Dan Peringatan Ketinggian Air Berbasis Web Dan Sms Gateway : STMIK Pontianak, 2015.

Sadi, S., Rancang Bangun Monitoring Ketinggian Air Dan Sistem Kontrol Pada Pintu Air Berbasis Arduino Dan Sms Gateway : Palembang, 2018.

Siswanto., Adiguna, A., Monitoring suhu Dan Ketinggian air Aquarium Dengan Sensor Ds18b20, Hcsr04 Dan Mikrokontroler Arduino Uno R3 Berbasis Web: Jakarta, 2018.

D. P. Jose, "IoT Based Water Management using HC-12 and Django", International Conference on Data Science and Communication (IconDSC), 2019




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v6i1.1356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775