PERANCANGAN DESAIN S-DUMPER (SMART DUMP) SEBAGAI SOLUSI DALAM PENGURANGAN SAMPAH BERSERAKAN

Ahmad Maulana Fikri, Mohammad Annur Ramadhan, Brianto Rovi Harjanto, Tegar Palyus Fiqar

Abstract


Konsekuensi yang tidak dapat dihindari dari adanya aktivitas manusia yaitu sampah. Namun, sering kali sampah-sampah berserakan di luar bak sampah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dan mendatangkan bau yang tidak nyaman. Hal ini dapat terjadi karena desain dari bak sampah yang terbuka lebar. Oleh karena itu, muncul suatu gagasan untuk merancang suatu alat yang bernama S-DUMPER (Smart Dump) dengan bantuan Internet of Things dan Embedded Systems. S-DUMPER bertujuan meminimalisir sampah yang berserakan di luar bak sampah dan membantu petugas untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir. Pada penelitian ini, akan digunakan beberapa metode meliputi studi literatur, perancangan prototipe sampai dengan analisis SWOT. Komponen dari alat S-DUMPER berupa sensor HC-SR04, Arduino, LCD, GSM dan motor servo. Setiap komponen memiliki peran masing-masing yang dapat mendukung kinerja dari alat S-DUMPER dengan konsep Embedded System. Selain itu, untuk memaksimalkan penyampaian informasi dari alat S-DUMPER, dirancang desain aplikasi S-DUMPER berbasis android. Kinerja aplikasi S-DUMPER diadaptasikan oleh sistem Internet of Things. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan desain dari alat dan aplikasi S-DUMPER. Dengan adanya S-DUMPER, petugas dapat mengangkut sampah dengan mudah dan mempercepat kinerja petugas.

Kata Kunci— Desain Alat, Desain Aplikasi, Embedded System, Internet of Things, S-DUMPER, Sampah


Full Text:

PDF

References


I. Malia, “IDNTimes,†2018. [Online]. Available: https://www.idntimes.com/news/indonesia/indianamalia/volume-sampah-2018-diprediksi-mencapai-665-juta-ton-1. [Accessed 14 Agustus 2018].

R. A. Pitoko, “Megapolitan Kompas,†2018. [Online]. Available: https://megapolitan.kompas.com/read/2018/02/22/18245721/sampah-berserakan-dan-menebar-bau-di-bawah-jalan-layang-ciputat. [Accessed 21 Januari 2019].

D. Setiawan, T. Syahputra and M. Iqbal, “Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Berbasis Mikrokontroler,†Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 55-62, 2014.

C. R. Hidayat and F. D. Syahrani, “Perancangan Sistem Kontrol Arduino Pada Tempat Sampah Menggunakan Sensor PIR dan Sensor Ultrasonik,†Jurnal VOI (Voice of Informatics), vol. 6, no. 1, 2017.

Sukarjadi, D. T. Setiawan, Arifiyanto and M. Hatta, “Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin Berbasis Arduino Uno di Universitas Maarif Hasyim Latif,†Teknika: Engineering and Sains Journal, vol. 1, no. 2, pp. 101-110, 2017.

J. F. Andry, “Pengembangan Aplikasi Backup dan Restore Secara Automatisasi Menggunakan SDLC Untuk Mencegah Bencana,†Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, vol. 1, no. 1, pp. 29-38, 2017.

E. Damanhuri and T. Padmi, Pengelolaan Sampah, Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2010.

GSMA, Understanding the Internet of Things (IoT), London: GSMA, 2014.

Sinamora, D. Renita, Rahmalia and M. Dani, Teknik Embedded-System Dalam Terapannya Untuk Membangun Sistem Deteksi Akses-Masuk Illegal, Bandung: Politeknik Telkom, 2012.

M. Kaur and J. Pal, “Distance Measurement of Object by Ultrasonic Sensor HC-SR04,†IJSRD - International Journal for Scientific Research & Development, vol. 3, no. 5, pp. 503-505, 2015.

N. Rinanto and S. Kautsar, Praktikum Otomasi dan Robotika, Surabaya: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, 2015.

Chamim and A. N. Nazilah, Penggunaan Microcontroller Sebagai Pendeteksi Posisi Dengan Menggunakan Sinyal GSM, Yogyakarta: Politeknik PPKP Yogyakarta, 2010.

D. Harsono, Pemantauan Suhu Dengan Mikrokontroller ATMegaA8 Pada Jaringan Lokal, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, 2009.

M. Ubaidillah, Alat Ukur Kualitas Udara Menggunakan Sensor Gas MQ 135 Berbasis Mikrokontroller ATMega16A, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2015.




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v6i2.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â