TRACKING ARAH PANDANGAN MATA UNTUK PENILAIAN DESAIN POSTER BERDASARKAN SALIENSI

Agus Wibowo, Lukman Zaman

Abstract


Dalam eye-gaze detection, fokus dan perhatian seseorang ditangkap melalui tatapan dan gerakan matanya. Dalam implementasinya eye-gaze tracking dapat digunakan untuk untuk mengetahui konsisten atau tidaknya sebuah desain poster. Jika konsisten maka poster dianggap sudah baik menurut pakar desain poster. Hal ini dapat memberikan manfaat kepada pelaku industri kreatif untuk menilai poster yang dibuat apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan dari segi desain. Deteksi lirikan mata dilakukan dengan mengambil bagian citra wajah per frame video, lalu diambil bagian mata, dan terakhir mendeteksi titik pusat citra pupil dari mata. Titik lokasi piksel pusat pupil dicatat untuk mencari data 9 area poster yang sering dilirik oleh mata. Kemudian akan diperoleh data lirikan dan skor saliency. Kedua data ini dibandingkan dengan data poster  yang telah ditandai area yang penting oleh pakar desain poster. Lalu akan didapatkan informasi mengenai konsistensi desain poster. Penelitian ini menghasilkan akurasi sebesar 74% dalam menganalisa konsistensi desain poster berdasarkan deteksi lirikan mata.


Keywords


Eye Gaze, Poster, Saliensi, Viola Jones

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v6i2.1638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â