SISTEM OTOMATISASI BLUR CITRA WAJAH MENGGUNAKAN GAUSSIAN FILTER DAN DLIB CNN

Audrey Nauffal Juniar, Sultan Mahdi, Hendra Hendra, Galuh Larasati Wardhani, Raudah Raudah

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk menguji sistem otomasi blur wajah berbasis pengolahan citra menggunakan OpenCV DLib CNN terhadap beberapa kondisi seperti banyaknya jumlah wajah pada citra, posisi hadap dari wajah, dan juga ketika wajah terhalang oleh masker. Proses sistem ini diawali dengan menginput citra, resize citra, mengubah citra menjadi graycale dan ekualisasi citra. Kemudian akan dilakukan pendeteksian wajah dengan Dlib CNN dimana wajah yang terdeteksi pada citra akan dilanjutkan ke proses blur pada bagian wajah yang terdeteksi. Hasil dari penulisan ini, sistem mampu mendeteksi wajah baik pada jumlah wajah pada citra yang banyak, posisi wajah 90 derajat dari wajah depan, maupun saat wajah terhalang oleh masker. Dan juga tredapat error ketika terdapat banyak wajah pada citra dan terdapat halangan pada salah satu wajah yang menyebabkan wajah tersebut tidak ter-blur

Keywords


OpenCV; Face Detection; CNN

Full Text:

PDF

References


E Ardhianto, W Hadikurniawati, dan Z Budiarso, "Implementasi Metode Image Subtracting dan Metode Regionprops untuk Mendeteksi Jumlah Objek Berwarna RGB pada File Video," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 18, pp. 91-100 , 2013.

D Bee, W Weku, dan A Rindengan, "Aplikasi Penentuan Tingkat Kesegaran Ikan Selar Berbasis Citra Digital," d'CARTESIAN, pp. 121-130, 2016.

Gonzalez R.C., R.E. Woods., dan S.L.Eddins, Digital Image Processing 3rd Edition, New Jersey: Pearson , 2008.

N Nurdin, D Hamdhana, dan MJ Setiawan, "Sistem Pendeteksi Pola Menggunakan Metode Peirce," Teknik Informatika Universitas Malikussaleh, vol. 9, 2017.

C. T. Utari, "Implementasi Algoritma Run Length Encoding Untuk Perancangan Aplikasi Kompresi dan Dekompresi File Citra," Jurnal TIMES, vol. V, pp. 24-31, 2016.

MA Bustomi, AZ Dzulfikar, "Analisis Distribusi Intensitas RGB Citra Digital untuk Klasifikasi Kualitas Biji Jagung menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan," JURNAL FISIKA DAN APLIKASINYA, vol. 10, 2014.

F. I. Noviana Dewi, "Implementasi Deep Learning Menggunakan Convolutional Neural Network untuk Sistem Pengenalan Wajah," Faktor Exacta, vol. 14, pp. 34-43, 2021.

A. Gunadi, "Pengurangan Noise Pada Citra Digital Menggunakan Filter Aritmatik Mean, Harmonik Mean, Gaussian, Max, Min, Dan Median Dengan Membandingkan PSNR," Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIK), vol. 5, pp. 2615-2711, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v3i2.2307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â