STUDI KEBUTUHAN KAPASITOR BANK PADA PT. MUSTIKA MINANUSA AURORA TARAKAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULINK

Ariansyah Nur, Achmad Budiman

Abstract


PT. Mustika Minanusa Aurora, Tarakan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Industri pembekuan udang. Pengoperasian PT. Mustika Minanusa Aurora Tarakan memiliki peralatan-peralatan dengan beban induktif yang cukup besar seperti pada motor listrik sebagai alat untuk proses pembekuan udang. Beban induktif yang besar dapat menyebabkan rendahnya faktor daya sehingga mengakibatkan rugi-rugi daya, sebagai pencegahan dan penanganan untuk menghindari kejadian tersebut maka akan dilakukan kompensasi daya reaktif dengan pemasangan Kapasitor Bank. Kapasitor bank adalah susunan komponen kapasitor yang dapat disusun seri maupun paralel yang paling umum digunakan dalam kompensator VAr karena kapasitor memiliki sifat kapasitif untuk mengimbangi sifat induktif pada beban dan berfungsi untuk perbaikan faktor daya. Dalam penelitian ini akan menghitung kebutuhan kapasitor bank, mengetahui kebutuhan daya reaktif dan hasil pemasangan kapasitor bank terhadap faktor daya dengan melakukan simulasi pemasangan kapasitor bank secara global compensation dan group compensation pada PT. Mustika Minanusa Aurora Tarakan menggunakan software Mathlab Simulink pada beban MMA 1A, MMA 1B, MMA 1C, MMA 1D, dan MMA 1E. dari hasil simulasi pemasangan Global Compensation Cos φ yang di didapatkan adalah MMA 1A bernilai 0.94, MMA 1B bernilai 0,96,  MMA 1C bernilai 0.96, dan MMA 1D bernilai 0.95, serta MMA 1E bernilai 0,92 dan hasil simulasi pemasangan kapasitor bank ketika dipasang secara Group Compensation adalah MMA 1A bernilai 0.99, MMA 1B bernilai 0.99, MMA 1C bernilai 0.97, dan MMA 1D bernilai 0.99, serta MMA 1E bernilai 0,93. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan kapasitor bank yang di pasang secara Group Compensation akan lebih efisien dimana hasil faktor daya yang didapatkan pada masing masing MMA bernilai baik sehingga kemunculan akan daya reaktif berkurang.


Keywords


Faktor Daya, Kapasitor Bank, Daya Reaktif, Simulink

Full Text:

PDF

References


Apip.(2018). Katalog Kapasitor Bank Merek Schneider. SCRIBD.

AS. Pabla. (1994). Sistem Distribusi Daya Listrik, Erlangga, Jakarta.

Cekdin, C. & T. B. (2013), Rangkaian Listrik, (FI. Sigit Suyantoro, Ed.) (1st ed.), Yogyakarta, ANDI Yogyakarta.

Belly, A., Agusman, C., & Lukman, B. (2010), Daya aktif, reaktif & nyata, Makalah.

Darusman, Marzuki. (2018), Analisa Kelayakan Pemasangan Kapasitor Bank Pada Gardu Distribusi Untuk Kemampuan Layanan Di PT. EPI(Energi Pelabuhan Indonesia) Cabang Pontianak, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Hariansyah, M., & Setiawan, J. (2014), Daya Pada Panel Utama Listrik Gedung Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor, (November), 26–33.

Julianto, P. (2010), Optimalisasi Penentuan Lokasi dan Ukuran Kapasitor Untuk Mereduksi Kerugian Daya Aktif Pada Sistem Distribusi Menggunakan Improved Adaptive Genetic Algorithm, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Ramdani, M. (2005), Rangkaian Listrik (Revisi). Bandung: Sekolah Tinggi Teknologi Telkom.

Stevenson, Jr. William D. (1984), Analisis Sistem Tenaga Listrik, Edisi-4, Kamal Idris (penerjemah), Jakarta, Erlangga.

Suswanto, Daman. (2009), Diktat Kuliah: Sistem Distribusi Tenaga Listrik. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.

Suhadi, & Wrahatnolo, T. (2008), Teknik Distribusi Tenaga Listrik (1st ed.), Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Widodo, R. (2018), Analisa Optimalisasi Penempatan Kapasitor Bank Pada Jalur Distribusi Chf 3 Pt. Bukit Asam (Persero) Tbk, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Windu Nur, H. (2017), Analisa Optimasi Perbaikan Faktor Daya Dan Drop Tegangan Dengan Menggunakan Kapasitor Bank Pada Line 5 PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Universitas Lampung, Lampung.




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v8i1.2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â