DESAIN SIMULASI MAXIMUM POWER POINT TRACKING (MPPT) MENGGUNAKAN METODE INCREMENTAL CONDUCTANCE (IC) PADA KONVERTER SEPIC (SINGLE ENDED PRIMARY INDUCTANCE CONVERTER)

Adithya Nik Chemenk, Abil Huda

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir photovoltaic menjadi alat yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, alat ini mengkonversi energi cahaya dan suhu menjadi energi listrik, photovoltaic sangat bargantung dengan panas dari matahari, agar photovoltaic bekerja dengan maksimal perlu ditambahkan konverter. Konverter SEPIC adalah konverter yang berfungsi sebagai buck boost yang dapat menaik turunkan tegangan inputnya, konverter SEPIC diatur oleh duty cycle, dengan duty cycle 24.3 %. Konverter SEPIC pada pengujian ini berhasil mendapatkan hasil output daya yang sama dengan perhitungan dan simulasi yaitu 200 W. Photovoltaic yang dihubungkan langsung dengan baterai menghasilkan daya yang sangat jauh dari optimal, makanya diperlukan konverter SEPIC yang terhubung dengan photovoltaic untuk membuat hasilnya optimal. Sistem kendali MPPT Incremental Conductance adalah sistem yang digunakan pada pengujian ini, dengan resistor dan baterai yang digunakan sebagai beban. Pada pengujian ini konverter yang menggunakan baterai adalah pengujian yang mendapatkan hasil yang paling optimal dengan daya 204 W

Keywords


Photovoltaic; Konverter SEPIC; Incremental Conductance; Duty Cycle

Full Text:

PDF

References


Aditiyan, N. (2015). Karakterisasi Panel Surya Model SR-156P-100 Berdasarkan Intensitas Cahaya Matahari.

Arifin, B. (2016). Desain Dan Implementasi Penaik Tegangan Menggunakan Kombinasi KY Converter Dan Buckboost Converter. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Arrasyid, A. H., Notosoedjono, D., Subagya, H., Dasar, T., Studi, P., Elektro, T., & Pakuan, F. T. (2017). Analisis perencanaan penerangan jalan umum dan lampu taman berbasis photovoltaik di universitas pakuan bogor. Fakultas Teknik Universitas Pakuan, 1–10.

Djilali, A., HEMICI, B., & Yahdou, A. (2017). MODIFIED PERTURB AND OBSERVE MPPT CONTROL FOR AVOID DEVIATION IN PHOTOVOLTAIC SYSTEMS. Journal of Electrical Engineering.

Gozali, M. S. (2013). Perbandingan Konverter CUK dan SEPIC Untuk Pelacakan Titik Daya Maksimum Berbasis Panel Surya. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Batam, 5(1), 15–19.

Huda, A. (2021). Pemodelan dan Simulasi Maximum Power Point Tracking Menggunakan Adaptif Neuro Fuzzy Inference System Pada Aplikasi Fotovoltaik Dengan Konverter SEPIC. Universitas Borneo Tarakan.

Isman, A. (2017). Implementasi Teknik Maximum Power Point Tracking ( Mppt ) Pada Sistem Penjejak Matahari Berbasis Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System ( Anfis ). 5–7.

Myori, D. E., Mukhaiyar, R., & Fitri, E. (2019). Sistem Tracking Cahaya Matahari pada Photovoltaic. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 9–16. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.548

Rose, J. L., & Sankaragomathi, B. (2016). Design, modeling, analysis and simulation of a SEPIC converter. Middle-East Journal of Scientific Research, 24(7), 2302–2308.

Saleh, A., Hadi, W., & Anwar, M. C. (2017). Desain Kontrol Maximum Power Point Traker ( Mppt ) Menggunakan Incremental Conductance ( Inc ) Pada Dc / Dc Tipe Sepic. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, November, 1–8.

William, C. I., & Ramesh, R. (2013). Comparative study of P&O and InC MPPT algorithms. American Journal of Engineering Research, 2(12), 402–408.




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v9i2.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â