SISTEM KENDALI JARAK JAUH LAMPU PENERANGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS

Hermansyah Hermansyah

Abstract


Makalah ini menyajikan hasil pembuatan prototype sistem control lampu penerangan jarak jauh yang aman dengan biaya pembuatan yang murah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode perancangan dan pembuatan prototype sistem pengontrolan jarak jauh.  Prototype yang dibuat mendemonstrasikan sistem control jarak jauh lampu penerangan melalui aplikasi “Blynk IoT†pada Smart pone. Sistem control ini merupakan metode yang aman untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh dengan syarat perangkat tersebut harus terhubung ke jaringan internet. Kompenen yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet adalah ESP8266.  Pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi Blynk IoT untuk memastikan sistem bisa bekerja sesuai dengan keinginan operator. Tantangan yang dihadapi pada pembuatan prototype ini adalah dari segi drop tegangan yang selalu terjadi pada sisi GPIO ESP8266 sehingga harus memasang rangkaian boost tegangan pada sisi GPIO untuk memastikan tegangan yang keluar menuju coil relay tetap stabil. Implementasi prototype ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk membangun Smart Home dan Smart Industri.


Keywords


ESP8266, IoT, Internet, Control

Full Text:

PDF

References


Barakbah dkk 2013. Logika Dan Algoritma. Program Studi Teknik Informatika. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Schwartz, M. (2016). Internet of Things with ESP8266. Packt Publishing Ltd.

Nurhuda, Harpad, Mubarak, (2020), “Kendali Lampu Menggunakan Perintah Suara Berbasis Node MCU†Sebatik 1410-3737.

Madhu, G. M., & Vyjayanthi, C. (2018, June). Implementation of cost effective smart home controller with Android application using node MCU and internet of things (IOT). In 2018 2nd International Conference on Power, Energy and Environment: Towards Smart Technology (ICEPE) (pp. 1-5). IEEE.




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v8i2.3063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License