ANALISA PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR (FIBER & SHELL) DAN AIR PADA BOILER ADVANCE 30 TON PT. CITRA SAWIT LESTARI

Alda Juliyanti, Fitriani Fitriani

Abstract


PT. Citra Sawit Lestari Tanjung Palas Hilir memiliki PLTU yang menggunakan Boiler Advance 30 Ton. Fungsi utama boiler adalah untuk memproduksi uap yang digunakan dalam membangkitkan listrik untuk kebutuhan pabrik. Jika produksi uap menurun maka terjadi gangguan terhadap generator turbin yang menyebabkan penurunan produksi tenaga listrik dan penurunan proses pengolahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara sistem air umpan dan sistem bahan bakar boiler untuk bisa membangkitkan energi listrik yang digunakan oleh pabrik kelapa sawit. Setelah mengkaji dengan pengamatan analisa data di lapangan kemudian dilakukan perhitungan maka didapatkan hasil perbandingan dengan rata-rata penggunaan bahan bakar (fiber & shell) dan air per jam adalah 5.100 kg bahan bakar (komposisi 3.640 kg serabut dan 1.460 kg cangkang, dengan persentase 71%:29%) dan 15.500 kg air umpan. Dengan rata-rata nilai konsumsi spesifik bahan bakar per 1 kWh sebesar 6,21 kg (komposisi 4,44 kg serabut dan 1,77 kg cangkang) dan rata-rata daya listrik yang dibangkitkan sebesar 823 kW.


Keywords


Air; Bahan Bakar; Boiler; Konsumsi Spesifik Bahan Bakar; Listrik

Full Text:

PDF

References


Azahrah, F. R. dkk. (2021). Keterlaksanaan Pembelajaran Bola Voli Secara Daring Pada SMA Kelas X Se-Kecamatan Majalaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Volume 7.

Erhaneli & Syawal, W. A., (2017). Pemanfaatan Cangkang Dan Serabut Sawit Sebagai Bahan Bakar Pada PLTU Untuk Memenuhi Kebutuhan Listrik Masyarakat Kabupaten Bungo. Jurnal Momentum, Volume 19.

Erivianto, D. dkk. (2016). Penggunaan Limbah Padat Kelapa Sawit Untuk Menghasilkan Tenaga Listrik Pada Existing Boiler. Sainstech, Volume 26.

Fatimura, M. (2015). Tinjauan Teoritis Permasalahan Boiler Feed Water Pada Pengoperasian Boiler Yang Dipergunakan Dalam Industri. JURNAL MEDIA TEKNIK, Volume 12.

Ginanjar, T., J., Suryani Lubis, . G. & M. Simanjuntak, Y., (2019). Analisa Kebutuhan Bahan Bakar Boiler Dengan Melakukan Uji Kalori Pada Pabrik Kelapa Sawit PT. Sentosa Prima Agro. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Hartono, L. B. dkk. (2020). Analisa Teknis dan Biaya Penggunaan Bahan Bakar Cangkang Kelapa Sawit dan Batu Bara pada Boiler DZL4 di PT. Lautan Luas Tbk. Jurnal Teknik Mesin, Volume 4.

Klistafani, Y. dkk. (2021). Rancang Bangun Sistem Pengolahan Air Umpan Boiler Untuk Pengembangan Praktikum Sistem Pembangkit II. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Manggala, A. dkk. (2020). Pengaruh Level Ketinggian Air Terhadap Saturated Steam Pada Cross Section Water Tube Boiler Menggunakan Bahan Bakar Gas Dan Solar. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Monasari, R. dkk. (2021). Pengaruh Penambahan Zat Aditif Pada Campuran Bahan Bakar Bensin-Bioethanol Terhadap Specific Fuel Consumption. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Parinduri, L. & Arfah , M., (2019). Pendekatan Energi Dalam Pengelolaan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Studi Kasus PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Adolina. Medan: Universitas Islam Sumatera Utara.

Rahardja, B., dkk, (2022). Water Tube Boiler Pabrik KelapaSawit Kapasitas 45 Ton/Jam, Bekasi: Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi.

Sugiharto, A. (2016). Tinjauan Teknis Pengoperasian Dan Pemeliharaan Boiler. Swara Patra: Majalah Ilmiah PPSDM Migas.

Siswanto, J. E. (2020). Analisis Limbah Kelapa Sawit Sebagai Bahan Bakar Boiler dengan Menggunakan Variasi Campuran Antara Fiber dan Cangkang Buah Sawit. Jambi: Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STITEKNAS).

Yatno. (2016). Studi Pemanfaatan Limbah Padat Kelapa Sawit Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap Guna Memenuhi Kebutuhan Energi Listrik Pada Proses Pengolahan Kelapa Sawit Di (PKS) PTPN IV Unit Usaha Adolina. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v9i2.3425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â