POTENSI BAKAU SEBAGAI ENERGI LISTRIK ALTERNATIF MENGGUNAKAN METODE PLANT MICROBIAL FUEL CELL DI KOTA TARAKAN

Jordan Christian, Fitriani Fitriani

Abstract


Kebutuhan akan energi listrik terus meningkat tiap tahunnya. Hal tersebut berbanding terbalik dengan ketersediaan bahan bakar yang tiap tahun jumlahnya semakin berkurang. Maka diperlukan sebuah terobosan baru guna mengatasi krisis energi di masa yang akan datang. Di Kota Tarakan, terdapat kawasan hutan mangrove yang banyak menyimpan mikroorganisme yang bila dimanfaatkan dengan baik dapat menghasilkan energi listrik. Plant-Microbial Fuel (P-MFC) merupakan teknologi pembangkitan listrik dengan memanfaatkan tanaman dan bakteri dalam tanah. Dalam penelitian ini, tanaman yang digunakan ialah tanaman bakau dimana pengambilan data dilakukan selama 12 hari. Anoda dan katoda yang digunakan yaitu karbon dan seng yang dihubungkan ke multimeter untuk mengukur nilai arus dan tegangan. Daya tertinggi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 137.19 mW dan daya terendah diperoleh sebesar 9.44 mW. Hasil yang didapatkan sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Diharapkan melalui penelitian ini, P-MFC dapat digunakan sebagai energi alternatif dalam hal pembangkitan listrik.


Keywords


Renewable energy; mangroves; plant-microbial fuel cell (P-MFC)

Full Text:

PDF

References


Sholikah, U., Alfian, N., Kamaluddin, M., & Prasetyo, D. A. (2019). Sumber energi alternatif rumput vetiver dengan metode plant microbial fuel cell. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan, E8–E13.

Helder, M. (2012). Design criteria for the Plant-Microbial Fuel Cell Electricity generation with living plants – from lab to application.

Moeksin, R., Shofaudi, M. K., & Warsito, D. P. (2017). Pengaruh Rasio Metanol dan Tegangan Arus Elektrolisis Terhadap Yield Biodiesel dari Minyak Jelantah. Jurnal Teknik Kimia No.1, Vol. 23, Januari 2017

Alfian, N., Aurelia, M., Mulyanto, K. B., Sholikah, U., & Kunci, K. (2018). Potensi Syzygium oleina Sebagai Penghasil Listrik Alternatif Dengan Metode Plant-Microbial Fuel Cell. 9th Industrial Research Workshop and Seminar National, 420–426. https://pdfs.semanticscholar.org/6976/ac943ab4c9609c7ca805a0bcd154bcc1e387.pdf




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v9i1.3462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â