RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR PAPARAN GETARAN MESIN GERINDA YANG BERPENGARUH TERHADAP HAVS BERBASIS ARDUINO

Dedy Harto, Muhammad Nurman

Abstract


Pengaruh getaran pada mesin gerinda dapat berdampak negatif pada kesehatan pekerja. Oleh karena itu, penting untuk memantau getaran pada mesin gerinda dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Salah satu cara untuk memantau getaran pada mesin gerinda adalah dengan menggunakan sensor ADXL345. fungsi dari sensor ini ialah untuk mengukur besarnya getaran pada mesin gerinda sehingga dapat dikeahui besarnya getaran dalam bentuk frekuensi dan mengetahui waktu efektif kerja sesuai dengan Nilai Ambang Batas (NAB) getaran ketika menggunakan mesin gerinda. Getaran berlebihan ini dapat menyebabkan terjadinya Hand Arm Vibration Syndrome (HAVS) yang mana penyakit tersebut dapat menghambat operator dalam melakukan pekerjaannya. Proses pengukuran getaran ini dilakukan terjun langsung kelapangan untuk mengukur getaran yang pada mesin gerinda. Hasil pengukuran accelerometer ADXL345 dapat ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel data dengan menghubungkan sensor dengan notebook menggunakan software. Data hasil pengukuran yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai frekuensi yang didapatkan pada mesin gerinda kisaran 0,49Hz sampai 1,1Hz, waktu kerja menggunakan mesin gerinda <14 jam. Berdasarkan hasil pengujian frekuensi yang didapatkan dari mesin gerinda, jika dihubungkan dengan NAB getaran, dampaknya terhadap HAVS kurang atau tidak terlalu berbahaya jika digunakan setiap hari.

Keywords


Accelerometer ADXL345, Hand Arm Vibration Syndrome,Mesin Gerinda, Nilai Ambang Batas Getaran

References


M. Ahmad and S. Susilawati, “Penerapan Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Laboratorium Pendidikan Kimia Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pematang Siantar,†JIKEM J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 2708–2715, 2023.

N. Vembriati and S. Wimbarti, “Pengaruh pemberian informasi dan diskusi terstruktur pada perubahan sikap karyawan terhadap penggunaan alat pelindung diri,†J. Psikol., vol. 14, no. 2, pp. 129–147, 2018.

D. S. HUTAPEA, “ANALISA KARAKTERISTIK GETARAN UNTUK MESIN PEMERAS TEBU DENGAN PENGGERAK MOTOR BENSIN DAN ELEKTROMOTOR BERDASARKAN TIME DOMINE ARAH HORIZONTAL, VERTIKAL, DAN LONGITUDINAL TUGAS AKHIR,†2022.

N. A. Purba, E. K. Allo, and S. R. U. A. Sompie, “Rancang Bangun Alat Pengayun Bayi Dengan Sensor Suara dan Kelembaban,†J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 2, no. 1, 2013.

D. M. Wulandari, L. Lady, and A. Umyati, “Pengaruh Getaran Mekanik Dan Kebisingan Terhadap Tekanan Darah Pada Laki-Laki Dan Perempuan,†J. Tek. Ind. Untirta, 2017.

D. U. Wutsqa et al., “NARRATIVE REVIEW: PENGARUH PEMBERIAN LOW LEVEL LASER THERAPY (LLLT) DAN NERVE GLIDING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL PADA CARPAL TUNNEL SYNDROME,†2020.

L. Verawati, “Hubungan tingkat kelelahan subjektif dengan produktivitas pada tenaga kerja bagian pengemasan di cv sumber barokah,†Indones. J. Occup. Saf. Heal., vol. 5, no. 1, pp. 51–60, 2016.

menteri kesehatan Indonesia, STANDAR KESEHATAN LINGKUNGAN KERJA INDUSTRI, vol. 13, no. 3. 2016, pp. 44–50.

A. Pradana, S. Nugraha, and S. Rater, “Visual Media Development of Wayang Culture Based on 2D Object Motion using Kinect Sensor,†J. Inotera, vol. 7, no. 2, pp. 74–82, 2022.

S. Ulandari, “Analisis Postur Kerja dengan Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Pencetak Genteng di Kabupaten Blitar (Studi pada Pekerja Pencetak Genteng di Dusun Bendorejo Desa Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar),†2017.

S. Dalimartha and F. Adrian, Makanan dan herbal untuk penderita diabetes mellitus. Penebar Swadaya Grup, 2012.

C. D. Mulyadi, “Perancangan Pengendalian Lampu Menggunakan Berbasis Arduino Uno Dengan Dimmer Lampu,†Techno-Socio Ekon., vol. 12, no. 1, pp. 5–13, 2020.

R. Y. Sipasulta, A. S. M. Lumenta, and S. R. U. A. Sompie, “Simulasi Sistem Pengacak Sinyal Dengan Metode FFT (Fast Fourier Transform),†J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2014.

M. Susanti, “RANCANG BANGUN PROTOTYPE GEOPHONE MENGGUNAKAN SENSOR PIEZOELECTRIC BERBASIS ARDUINO UNO.†Institut Teknologi Kalimantan, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v10i1.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â