PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SENSOR KELEMBAPAN UNTUK MENDETEKSI HUJAN PADA RUMAH TANGGA

Fatimah Az Zahra, Grace Aurelia Darleen

Abstract


Negara  Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan mempunyai dua periode cuaca yakni musim kemarau dan musum penghujan, namun dua periode ini merancang penelitian untuk memiliki tantangan dalam hal prediksi yang komplekss atau menghasilkan dan mengimplementasikan Alat pendeteksi hujan sederhana sensor PCB dengan Bel dan LED. prototipe alat pendeteksi  Pancuran hujan sederhana ini punya papan sensor sensor pcb sebagai sensor hujan dan buzzer serta  LED sebagai keluaran. penelitian ini mengadopsi cara kajian bertipe Recearch & perkembangan. Tahap  pengembangan penelitian ini meliputi perencanan,pembuatan, Dan evaluasi. Alat pendeteksi hujan ini terdiri dari: dari unsur elektronik seperti Sensor papan sirkuit, buzzer, LED, transistor, dan saklar. Seluruh alat kemudian diuji untuk melihat apakah  berfungsi sebagaimana mestinya.hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang diproduksi untuk dapat bekerja dengan semaksimal mungin meskipun dalam kondisi air hujan.Saat sensor hujan mendeteksi  hujan maka buzzer akan berbunyi dan LED akan menyala.Hasil pengujian menunjukkan bahwa intensitas suara buzzer berubah tergantung pada tingkat kelembapan papan.kesimpulannya adalh jika  papan sirkuit semakin basah terkena air maka bunyi bel akan sangat keras.tetapi jian papan pcb lembab bunyinya kescil sedangkan jika pcb kering maka bel atau sensor akan hening.

Keywords


Rain Sensor (PCB); Buzzer; Led Light; Pendeteksi Hujan; Sensor Kelembapan

References


Siswanto D, Winardi S. Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan.Narodroid. 2015;1(2):66–73.

Implementasi Sistem Monitoring Deteksi Hujan dan Suhu Berbasis Sensor Secara Real Time. Muhamad Yusvin Mustar, Rama Okta Wiyagi ( 2017 ).

Prasetyo, Usang (2019) SISTEM PENGENDALI JEMURAN PAKAIAN BERBASIS INTERNET OF THINGS. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

Effendi, N., Ramadhani, W., & Farida, F. (2022). Perancangan Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Menggunakan Sensor Kelembapan Tanah Berbasis IoT. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(2), 91-98. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i2.3923v.

Rancang Bangun Prototipe Detektor Hujan Sederhana BerbasiS Raindrop Sensor Menggunakan Bazer Dan Led , Fauza,Nailaa (2021).

Implementasi Sistem Monitoring Deteksi Hujan dan Suhu Berbasis Sensor Secara Real Time Muhamad Yusvin Mustar, Rama Okta Wiyag (2017)




DOI: https://doi.org/10.35334/eb.v10i1.5080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â