IMPLEMENTASI DAN ANALISA KINERJA VOIP SERVER PADA JARINGAN WIRELESS LAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Muhammad Saleh Abrar, Rudy Rudy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan VoIP Server Pada jaringan Wireless LAN di Fakultas Teknik Universitas Borneo Tarakan dengan menggunkan Elastix sebagai server dan aplikasi VoIP Call pada Smartphone menggunakan CsipSimple serta menganalisa kinerja dari server tersbut dengan perangkat lunak Wireshark. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode pengukuran kualitas layanan suara atau QoS (Quality of Service). Pengujian dilakukan indoor dan outdoor. Dengan parameter QoS sepeti delay, throughput, dan packet loss dapat dijadikan sebagai ukuran untuk mengetahui kualitas dari suatu jaringan. Delay yang dihasilkan paling besar di pengujian indoor dengan jarak 11-15 meter yakni sebesar 0.00956464 seconds. Packet loss yang dihasilkan pada range 0,00%, sedangkan standar packet loss yang ditetapkan oleh ITU-T untuk layanan aplikasi VoIP adalah < 3%. Jitter yang dihasilkan yakni antara 0,04608 – 0.09485 seconds sedangkan standar yang ditetapkan oleh ITU-T adalah = 0–75 ms.. Throughput yang dihasilkan pada proses pengujian yakni antar 104,551 kbps - 108,905 kbps


Keywords


Voice over Internet Protokol; Elastix; Quality of Service; Wireshark

Full Text:

PDF

References


Prasetyo, B. (2006). Analisis Implementasi Voice Over Internet Protocol (VoIP) Pada Jaringan Wireless Lan Berbasis Session Initiation Protocol (SIP).

D. Fahdi, J. P. (2012). Analisa Perancangan Server Voip (Voice Internet Protocol) Dengan Opensource Asterisk Dan Vpn ( Virtual Private Network ) Sebagai Pengaman Jaringan Antar Client.

Indra Warman, Iqbal Marzuki. (2015). Implementasi Voice Over Internet Protocol (Voip) Pada Elastix Server Menggunakan Protocol Inter Asterisk Exchange (Iax). Padang : Institut Teknologi Padang.

Muhammad Saefulloh. (2014). Rancang bangun voip menggunakan Software open Source asterisknow. Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Nurkholis, A., & Hendrawan, A. (2011). Implementasi Server VoIP untuk Komunikasi di PT. Lintas Data Prima. Yogyakarta: Stmik Amikom.

Ryan Ari Setyawan. (2015) Analisis Unjuk Kerja Aplikasi VoIP Call Android di Jaringan MANET (Mobile Ad Hoc Network). Yogyakarta : Universitas Janabadra.

Setiawan, E. B. (2012). Analisa Quality Of Services (Qos) Voice Over Internet Protocol (VoIP) Dengan Protokol H .323 Dan Session Initial Protocol (SIP). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA)

Suryawan, K. D., Husni, M., & Anggraini, E. L. (2012). Analisis Layanan Kinerja Jaringan Voip Pada Protokol Srtp Dan Vpn. Analisis Layanan Kinerja Jaringan Voip Pada Protokol Srtp Dan Vpn.

Yetti Yuniati, Helmy Fitriawan, Domiko Fahdi Jaya Patih. (2014). Analisa Perancangan Server VoIP (Voice Internet Protocol) Dengan Opensource Asterisk Dan Vpn (Virtual Private Network) Sebagai Pengaman Jaringan Antar Client. Lampung : Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v5i1.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â