HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X

Fitria Febri Swastia

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siwa kelas X SMA Negeri 1 TarakanJenis penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarakan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 429 siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik Simple Random Sampling, cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil analisis data korelasi Product Moment diperoleh rhitung (-0,090) pada taraf signifikan α = 5% dan N = 100 diperoleh nilai rtabel =0,195 berarti rhitung ≤ rtabel (-0,090 ≤ 0,195) artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga “tidak ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarakanâ€. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 0,8 %, sedangkan sisanya (100% - 0,8%) = 99,2% dipengaruhi faktor lain.

Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Peneliitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Penyusun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Kedua. Universitas Borneo Tarakan, Tarakan.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Kecil, Lentera. Pembelajaran Bahasa Indonesia (online). Tersedia di https://lenterakecil.com/pembelajaran-bahasa-indonesia/. Diakses tanggal 27 Maret 2018.

Kristina. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan, Tarakan. (tidak dipublikasikan)

Sardi, Kristian. 2015. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan, Tarakan. (tidak dipublikasikan)

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â