PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 2 DIMENSI (ANIMAKER) MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP NEGERI 7 TARAKAN

linda devi yuvitasari

Abstract


Abstract

The purpose of the research was to develop in the form of 2-dimensional animation (Animaker) and to determine the effectiveness of the media. The research model was modified by Borg and Gall. The development stages of the research were started by finding the potential and the problem, collecting the data, designing the product, conducting design validation, revising the product. After that, it was tested to find the learning outcome and provided the product assessment to the students. The final stage, it was to revise the product so that it became a better product. Data analysis was conducted by descriptive percentage and inferential analysis. Based on the result of the research it was concluded that the learning animation video media was feasible and effective to use in learning referring the feasibility percentage table.

Keywords, Animaker, learning Media, Research and Development.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa animasi 2 dimensi (Animaker) dan untuk mengetahui keefektifan media dan model penelitian yang dimodifikasi oleh Borg and Gall.  Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, melakukan validasi desain, revisi produk, setelah itu di diujicobakan untuk melakukan tes hasil belajar dan memberikan penilaian produk pada peserta didik, tahap akhir ialah melakukan revisi produk agar menjadi lebih baik. Analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video animasi pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan tabel presentase kelayakan.

Kata Kunci. Animaker, Media Pembelajaran, Research and Development.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta .Rajagrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/Mts Kelas VII. Jakarta. Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Achmad Dicky Romadhan, M.Hum
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No 1
Tarakan, Kalimantan Utara
Hp: 081214732113