KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TARAKAN

Susan Azahari

Abstract


The purpose of this study was to examine the effect of the SQ4R method on seventh graders’ ability to read observation report text. This research was conducted in SMP Negeri 6 Tarakan in February 2020. This study used a quasi- experimental research design with a Pretest-Posttest control group. The population of this study was all seventh graders. A random sampling approach was used to determine the sample group. The sample consisted of 32 students from class VII- G as experimental group and 29 students from class VII-F as the control group in SMP Negeri 6 Tarakan. Data was collected using the test method in the form of an ordinary multiple choice objective test and analyzed using the independent sample t-test using Windows SPSS software version 16.0. based on the results of inferential statiscal analysis using the independent sample t-test, t-observed ≥ t- table (3,064 ≥ 1,671), so that H0 was rejected and Ha was accepted. In conclusion, when compared to students who utilized conventional methods, those who used the SQ4R method indicated greater enthusiasm and engagement in the learning process.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode SQ4R (Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, and Review) dalam pemahaman kemampuan membaca teks hasil observasi (LHO) pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di SMP Negeri 6 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel di tentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Tarakan sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII-F sebanyak 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan independent sample t-test pada software SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 3,064 sedangkan taraf signifikan a = 0,05 dengan df=59 diperoleh nilai ttabel 1,671 berarti thitung ≥ ttabel (3,064 ≥ 1,671) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ4R membuat siswa lebih antusias dan lebih berperan dalam proses pembelajaran berbeda dengan siswa yang belajar menerapkan metode konvensional.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ginting, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Harsiati, Titik. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Alfabeta.

____. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi & Danaira. 2013. Bahasa Indonesia untuk SMA-MA/SMK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia

Nurhadi. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: Jepe Press Media Utama.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sangidu. 2004. Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Setyaningrum, Wulandari. 2011. Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII, VIII, & IX. Jogjakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Somadayo. 2012. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Jakarta: Graha Ilmu

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahono, Mafrukhi, dan Sawali. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â