HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to see whether there was a correlation between learming interest and students' learning outcomes in Indonesian language learning of class X SMA Hang Tuah Tarakan. A questionnaire instrument was used to measure interest in learning, the Pearson Product Moment Correlation. Was in the medium category with a percentage of 41.2%. Based on the frequency table, student learning outcomes fell into the "less" category with a proportion of 32.8%. There was a positive and significant correlation between learning interest and students" learning outcomes in class X SMA Hang Tuah Tarakan with a significance level of 5%, the value of r count was greater than r table (0.186 > 0.17)
Keywords: Learning Interest, Learning Outcomes, Indonesian Language
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Hang Tuah Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori sedang dengan persentase 41,2%. Hasil belajar siswa berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori kurang dengan persentase 32,8%. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Hang Tuah Tarakan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtaabel (0,186 > 0,17).
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Achru, A. (2019). “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaranâ€. Volume 3. Nomor 2. Halaman: 206.
Amaliah, R. (2017). “Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Padda Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurungâ€. Volume 0. Nomor 1. Halaman: 14
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ricardo, Rini, I. M. (2017). “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes)â€. Volume 2. Nomor 2. Halaman: 193.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, S. (2016). Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 2 Tempel kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Halaman: 28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia
 |   |  | Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia |   | |
 |  | imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) |  | ||
 |  |  |  | ||
 |  |  |  | ||
 |