HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA

Junsy Verawaty Novel

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to see whether there was a correlation between learming interest and students' learning outcomes in Indonesian language learning of class X SMA Hang Tuah Tarakan. A questionnaire instrument was used to measure interest in learning, the Pearson Product Moment Correlation. Was in the medium category with a percentage of 41.2%. Based on the frequency table, student learning outcomes fell into the "less" category with a proportion of 32.8%. There was a positive and significant correlation between learning interest and students" learning outcomes in class X SMA Hang Tuah Tarakan with a significance level of 5%, the value of r count was greater than r table (0.186 > 0.17)

Keywords: Learning Interest, Learning Outcomes, Indonesian Language

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Hang Tuah Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori sedang dengan persentase 41,2%. Hasil belajar siswa berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori kurang dengan persentase 32,8%. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Hang Tuah Tarakan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtaabel (0,186 > 0,17).

Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaranâ€. Volume 3. Nomor 2. Halaman: 206.

Amaliah, R. (2017). “Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Padda Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurungâ€. Volume 0. Nomor 1. Halaman: 14

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ricardo, Rini, I. M. (2017). “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes)â€. Volume 2. Nomor 2. Halaman: 193.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, S. (2016). Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 2 Tempel kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Halaman: 28


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â