ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PRODUK MINUMAN MELALUI TELEVISI NASIONAL

Mus Tika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa Indonesia dalam iklan produk minuman melalui televisi nasional pada bidang pelafalan yang mencakup penambahan fonem  di akhir kata (paragog), pelesapan fonem di awal kata (aferesis), pelesapan fonem di tengah kata (sinkop), pelesapan fonem di akhir kata (apokop) dan bunyi berbeda dijadikan sama (asimilasi). Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata yang diujarkan oleh bintang iklan produk minuman yang ada di televisi nasional. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat dua puluh dua iklan produk minuman yang terdapat kesalahan dan tujuh puluh data yang terdapat kesalahan dalam pelafalan. Tujuh belas data yang mengalami penambahan fonem di akhir kata. Tiga puluh empat data yang mengalami pelesapan fonem di awal kata. Lima data yang mengalami pelesapan di tengah kata. Satu data yang mengalami pelesapan fonem di akhir kata, serta tiga belas data yang mengalami perubahan bunyi berbeda dijadikan sama.

Kata Kunci: kesalahan berbahasa indonesia (pelafalan), iklan produk minuman televisi nasional, perubahan bunyi.

Abstract

This study aimed at determining the Indonesian language errors in beverage product advertisements through national television in terms of pronunciation which included adding phoneme at the end of a word (paragoge), omitting phoneme at the beginning of a word (apheresis), omitting phoneme in the middle of a word (syncope), omitting phoneme at the end of a word (apocope), and a sound becomes similar or identical to a neighboring sound (assimilation). This study employed a descriptive qualitative research where the data were in the form of words uttered by the advertisement stars of the beverage products in national television. The techniques used in this study were recording, listening, and note-taking. Based on the results and discussion, there were twenty-two beverage product advertisements in which there were seventy data containing errors in pronunciation. They were divided into seventeen data which got the addition of a phoneme at the end of the words. Thirty-four data experienced the omission of phonemes at the beginning of words. Five data obtained the omission of phonemes in the middle of the word. One data gained the omission of a phoneme at the end of a word. Thirteen data had the sounds became similar or identical to the neighboring sounds.

Keywords: Indonesian Language Error (Pronunciation), Beverage Product Advertisements in National Television, Sound Change


Full Text:

PDF

References


Alfin, Jauharoti. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surabaya: LkiS (UINSBY)

Chaer, Abdul. 2013. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisah, Nur. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat-Menyurat di Kantor Kelurahan Layanan Indah. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4 (1), 26-31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10042

Gumilang, Galang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2 (2), 144-159. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/218

Lukitaningsih, Ambar. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13 (2), 116-129. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670

Mulyaningsih. (2014). Perbandingan Fonologi Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13 (1), 1-10. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/804

Muslich, Masnur. 2017. Fonologi Bahasa Indonesia (Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara.

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3 (4), 1-21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10525

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kulitatif. Jurnal Alhadharah, 17 (33), 81-95. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374

Rosita, Nela Indri. (2019). Analisis Makna dalam Iklan Kartu Seluler. Jurnal Bastra, 1 (1), 1-25. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1054/693

Setyawati, Nanik. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistiyawati, Puri. (2016). Analisis Semiotika Makna Pesan pada Iklan Axis Versi “Iritologi – Menatap Masa Depanâ€. Jurnal Andharupa, 2 (1), 88-102. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/1066


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â