MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 TARAKAN

Ria Pramitha, Siti Sulistyani Pamuji, Indri Mey Lianti

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan percobaan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini digunakan karena siswa lebih memahami pembelajaran dengan praktik langsung dibandingkan hanya sebatas teori. Dengan model pembelajarn PBL siswa memiliki pengalaman belajar karena melalui proses pembelajaran dengan memecahkan masalah secara langsung. Sehingga pengalaman ini dapat terekam dalam ingatan jangka panjang. Selain itu, dengan model pembelajarn ini siswa dapat menumbuhkan kreatifitas dan keterampilan dan saling berkolaborasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif serta kuantitif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman serta keterampilan menulis  Teks Laporan Percobaan.


Full Text:

PDF

References


Amelia, Rizky. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Percobaan Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 101-109.

Annisa, Liya. 2017. Bahasa Indonesia. Sukoharjo. Hasan Pratama.

Cindy, E. Hmelo-Silver. 2016. Problem-Based Learning: What And How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(4), 235-266.

Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â