UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN TEKNIK SKIMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID KELAS VIII DI SMPN 1 TANJUNG PALAS TENGAH

Imaniah Nurmala Tiana, Rita Kumalasari

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan membaca yang terjadi pada pembelajaran bahasa Indonesia yang mengalami permasalahan, yaitu rendahnya kemampuan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah bagaimanakah minat pembelajaran membaca dengan menggunakan teknik skimming, bagaimana aktivitas pembelajaran membaca dengan menggunakan teknik skimming, dan bagaimana hasil pembelajaran membaca dengan teknik skimming dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hal ini telah dilakukan peneliti disertai dengan pengumpulan data dengan tes dan pengamatan melalui observasi, catatan lapangan, dan wawancara., dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pembelajaran  membaca pemahaman di sekolah khususnya SMPN 1 tanjung palas tengah. Sasaran dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas 8 yang dimana pada tes percobaan ini menggunakan teknik skiming dan materi cerpen, Penelitiaan ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian yang dilakukan dengan tindakan kelas ( PTK ). Hasil yang didapat disekolah dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan membaca materi cerpen dengan teknik skiming terhadap pemahaman membaca cukup meningkat.


Full Text:

PDF

References


Adifatoni, Yuswo. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cepat Melalui

Teknik Skimming Dan Sanning Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Loa Janan. Hlm 3-4

Dhuaha, Nursyamsu, Dkk. Penerapan Teknik Skimming Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Pemahaman Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar VI Di Slb

Negeri 1 Gowa. hlm 22-23

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta:

Graha Ilmu Volume 2 Nomer 3 hlm 16-17

Iqbal Al-Ghozali, Muhammad, Dkk. 2020. Teknik Skimming untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Membaca di Kelas IVSekolah Dasar.

Volume 2 Nomor 2 hlm 6-10

Amalia F N. 2019. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Dengan Teknik

Skimming. Vol. 12, No. 1 hlm 7-9

Rahayu Nana, Sri W W. 2015. Penerapan Teknik Scaning Dan Skimming Dalam Upaya

Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Dan Eektif Bagi Mahasiswa Prodi

Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau. Vol. 6 No. 1 Hlm 5-6.

Wungkana Mieske 2020 Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman

dengan Metode PQ4R pada Siswa Kelas V SDN Inpres 1 Tatura Volume 4 Nomer 6

hlm 12-13.

Argunawan Didik. 2009. Peningkatan Kemampuan Cepat Dengan Teknik Skimming Dan

Scannig Pada Siswa Kelas XI Ips 1 SMAN 2.Skripsi Rembang: Universitas Negeri

Semarang.

Asiah Nur . 2020.Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Strategi

Skimming Vs Scanning Pada Siswa Kelas V.Skripsi Medan: Universitas Islam Negeri.

Miranda Frisca.2021. Penggunaan Teknik Membaca Skimming Dan Scanning Dalam

Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V-B SDN Pakis V.Skripsi:Surabaya Universitas Wijaya Kusuma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â