STRUKTUR MANTRA PADA RITUAL PENGOBATAN SUKU TIDUNG DI TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Hilman Safitra, Siti Sulistyani Pamuji

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh serta menggambarkan struktur mantra pada ritual pengobatan yang digunakan oleh warga  suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara menggunakan kajian sastra lisan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. sumber data dalam penelitian ini adalah istilah, frasa kalimat berupa mantra pada ritual pengobatan suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara. sumber data penelitian ini, yaitu mantra pada ritual pengobatan Suku Tidung pada Tarakan, Kalimantan Utara yang bersumber dari informan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya, yaitu wawancara, teknik catat, teknik perekaman, dan  dokumentasi. Mantra pengobatan pada suku Tidung disebut dengan tawar. Data yang diperoleh sebesar lima mantra diantaranya, yaitu: tawar sakit kepala, tawar gigi, tawar penutup luka, tawar darah dan tawar racun. Struktur mantra terdiri atas enam unsur di antaranya, yaitu 1) unsur judul yang adalah gerombolan  istilah yang bisa menandakan kegunaan, 2) unsur pembuka, sebagai bagian pengantar suatu maksud eksklusif, 3) unsur niat atau harapan yang diucapkan, 4) unsur sugesti berisi metafora dan  analogi, 5) unsur tujuan atau muara yang ingin dicapai melalui pembacaan mantra, 6) unsur penutup diartikan sebagai pengantar terakhir mantra yang berisi permohonan. Akibat analisis menunjukkan bahwa tidak seluruh mantra yang dimiliki suku Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara tersusun berdasarkan enam unsur tersebut.


Full Text:

PDF

References


Amir, Adriyetti. 2013. Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: ANDI.

Apriani, E., & Pamuji, S. S. (2018). MENGGALI EKSISTENSI BUDAYA SASTRA LISAN MELALUI PENGUMPULAN DAN PENERBITAN NASKAH NYANYIAN RAKYAT SUKU TIDUNG DI KALIMANTAN UTARA. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).

Arbain, Muhammad. 2016. Buku Pintar Kebudayaan Tidung. Tarakan: Mutiara Ilmu.

Welcott, E. (2002). Seni Pengobatan Alternatif Pengetahuan dan Persepsi Diakses https://www.acicis.edu.au/wp-content/uploads/2015/03/WALCOTT-Esther.pdf Pada 14 November 2022

Zulkifli, 2004. Pengobatan Tradisional Sebagai Pengobatan Alternatif Harus Dilestarikan. Sumber (repository. usu.ac.id). Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â