BENTUK TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DENGAN SISWA KELAS IX-A DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL TARAKAN

Nurul Puji Rahayu, Alien Kurnia Warya Selia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif antara guru Bahasa Indonesia dan  siswa kelas IX-A di SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa data lisan yang dituturkan secara langsung oleh guru pada saat kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Penelitian berfokus pada mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif antara guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas IX-A di SMP Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, metode rekam, dan metode mencatat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif pada guru bahasa Indonesia terdapat bentuk dan fungsi yang dituturkannya. Adapun bentuk tindak tutur direktif guru ini berupa perintah, pertanyaan, pemberian izin, permintaan, mengajak, dan menuntut.

Kata Kunci: tindak tutur, direktif, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Darwis, A. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru Di Lingkungan SMP Negeri 19 PALU: Kajian Pragmatik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 21 – 30.

Elmita, W., Ermanto, & Ratna, E. (2013). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar Di TK Nusa Indah Banuaran Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 139 – 147.

Fauzia, V.S., Haryadi., & Sulistyaningrum, S. (2019). Tindak Tutur Direktif Dalam Sinetron Preman Pensiun di RCTI. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1), 33 – 39.

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur dalam Media Sosial. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Ulfa, Raudha., & Astuti, Nia. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif Dalam Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Bandar Dua. Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 2(2), 83-91.

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1), 1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â