IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII.8 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TARAKAN
Abstract
Pendidikan karakter menjadi pondasi utama dalam membangun karakter bangsa. Nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan yaitu nilai karakter dalam kompetensi inti sikap spritual dan kompetensi inti sikap sosial yang terdapat di dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016. Bedasarkan hasil observasi di SMPN 1 Tarakan, berbagai program kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan di sekolah tersebut, hal ini dilihat dari visi dan misi utama sekolah yaitu ingin menciptakan peserta didik yang cerdas, terampil, berbudaya berdasarkan iman dan takwa serta berwawasan peduli lingkungan. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, ucapan pribadi, dan nantinya metode ini menghasilkan data deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah sikap dan kedisplinan siswa; Jujur, Displin, Bertanggung Jawab, Gigih, dan Toleransi. Impelementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tarakan dilakukan dengan sistem terpadu melalui pola kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Â
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sekolah Menengah Pertama
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada OSIS SMP Negeri Karangbinangun Lamonganâ€.
Kartika, Ayu. 2019. Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri: Bengkulu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada satuan Pendidikan Formal. 8–12.
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Miftah Nurul Annisa, Ade Wiliah, N. R. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.
Edumaspul:Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Purwanti Ning. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) refrensi pembelajaran untuk siswa dan guru SMP/MTs. Bandung: Erlangga.
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rahayu Nurul. 2019. “Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Sepuluh Novemberâ€. https://digilib.uinsby.ac.id/32893/3/Nurul%20Rahayu_D93215081.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia
 |   |  | Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia |   | |
 |  | imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) |  | ||
 |  |  |  | ||
 |  |  |  | ||
 |