ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X MAN TARAKAN DI ERA DIGITAL

Nur Rahmi Nur Rahmi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh informasi tentang pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran bahasa Indonesia di MAN Tarakan Kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu tentang penerapan kurikulum merdeka di MAN TARAKAN sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk meneliti informan kunci sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk meneliti informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di MAN TARAKAN telah dimulai dan sedang berlangsung, meskipun masih terdapat tantangan dan hambatan dalam proses penerapannya khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tantangannya adalah 1) keterampilan mengajar, 2) pandai menguasai keterampilan dasar yang diperlukan untuk pembelajaran di era digital, 3) pandai mengelola kelas agar siswa tidak bosan, 4) memiliki bahan referensi yang banyak dan luas , dan kendalanya adalah 1) kurangnya pengalaman kursus yang berdiri sendiri, 2) kurangnya fasilitas yang memadai, 3) kurangnya waktu kelas karena fokus pada proyek. Implementasi kurikulum merdeka di MAN TARAKAN dapat berhasil jika kepala sekolah dan guru dapat mengatasi tantangan dan hambatan yang ada.

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Era digital


References


DAFTAR PUSTAKA

Ainia, Dela Khoirul. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 3 No. 3.

Munandar, Arif. 2017. “Membangun Generasi Berkarakter melalui Pembelajaran Inovatif†dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Mataram: Aula Handayani IKIP Mataram.

Nugraha, Tono Supiatna. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI. Vol. 19 No. 2.

Rahayu, Restu, dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 4.

Sari, Ferta Bonita, dkk. 2020. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Intergrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 No.4

Satriawan, Wahyu dkk. 2021. Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. Vol. 11 No. 1.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. 28

Suwija, I Nyoman. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ulinniam, dkk. 2021. Penerapan Kurikulum Revisi 2013 di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1.

Yamin, Muhammad., & Syahrir. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 6 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â