ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1B SD NEGERI 006 TARAKAN

Aprilia Rani Sappa, Degi Alrinda Agustina, Neni Novitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam membaca permulaan kelas 1B SD Negeri 006 Tarakan, Kelurahan kampung Empat, KecamatanTarakan Timur, Kabupaten kota Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek yang digunakan adalah siswa kelas 1B SD yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi atau pengamatan langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1B SD Negeri 006 Tarakan, Kelurahan kampung Empat, KecamatanTarakan Timur, Kabupaten kota Tarakan didapatkan bahwa dari 28 siswa terdapat 7 siswa yang kesulitan dalam membaca permulaan. Ketujuh siswa tersebut masih kesulitan dalam mengenal huruf alfabet, kesulitan membaca suku kata, kesulitan membaca kata, dan kesulitan dalam membaca kalimat. keterampilan membacanya masih kurang, karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Jurnal Imbaya
Pendidikan Bahasa Indonesia

   

address icon red

 Jalan Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia  
  imbayajurnal@gmail.com |  081214732113 (WA) 
    
    
Â