BIMBINGAN BERBASIS EKSPERIENSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN KESADARAN MULTIKULTURAL
Abstract
Tulisan ini didasari oleh terbiasanya masyarakat untuk berprasangka kepada orang asing atau baru, hal itu disebabkan oleh kurangnya pengetahuan terhadap perbedaan budaya. Kesadaran multikultural merupakan kompetensi yang harus dikembangkan agar individu dapat memaklumi perbedaan sebagai keberagaman, dan memiliki sikap yang positif untuk hidup dalam keberagaman. Hal tersebut memerlukan pengalaman langsung yang dapat dirasakan oleh siswa. Pendekatan experiensial dalam tulisan ini disarankan untuk digunakan guru BK dalam mengembangkan kesadaran multikultur siswa melalui bimbingan kelompok. Penggunaan teknik-teknik dalam experiensial mempermudah siswa memahami keberagaman melalui pengalaman langsung sebagai media utama, selain itu siswa dapat mencoba mensimulasikan perilaku yang tepat ketika menghadapi masalah yang disebabkan oleh perbedan budaya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo
View My Stats