BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA

Rizki Diana Putri

Abstract


Pengembangan empati merupakan upaya untuk melatih siswa mampu menyikapi perbedaan dengan positif. Rendahnya empati merupakan penyebab maraknya kasus kekerasan dan bullying di zaman yang multikultur seperti sekarang ini. Beberapa kajian litelatur menunjukkan permaianan dapat menjadi teknik bimbingan untuk mengembangkan empati. Dalam kajian ini, akan dibahas konteks empati sebagai reaksi afektif, penggunaan permainan dalam bimbingan, serta bentuk – bentuk permainan dapat digunakan dalam mengembangkan empati. Hasil  kajian menunjukkan permainan dapat memfasilitasi pengembangan empati siswa secara menyenangkan, selain itu siswa akan terlibat secara aktif untuk mengidentifikasi perbedaan, memahami dan mengapresiasi perasaan orang lain, dan belajar untuk menempatkan diri dalam setiap situasi yang berbeda.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats