HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TARAKAN
Abstract
 Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Adapun proses pengambilan subjek menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa skala. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasional Rank Spearman dengan perolehan nilai sig.(2-tailed) 0,000 ≤ dari taraf signifikan yaitu 0,05. Melalui skala dukungan sosial dan penerimaan diri dapat diketahui bahwa semakin tinggi dukungan sosial makanya semakin tinggi pula penerimaan diri siswa. Sehingga hasil menunjukkan bahwa adanya hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo
View My Stats