UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X NKPI 1 SEMESTER I SMK NEGERI 3 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian tindakan bimbingan konseling ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan layanan. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan motivasi belajar dalam memahami layanan bimbingan kelompok. Tujuan dilakukannya penelitian tindakan bimbingan konseling ini (PTBK) adalah untuk meningkatkan motivasi  belajar melalui layanan  bimbingan  kelompok. Subjek penelitian ini yaitu peningkatan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan konseling.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan model layanan  dengan pendekatan bimbingan kelompok, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan   sehingga mengalami peningkatkan motivasi  belajar di setiap  siklus dan setiap akhir pertemuan layanan.  Untuk  motivasi belajar pada siklus I menunjukan peningkatan dari siklus I hanya 12,7 dengan kriteria sangat kurang menjadi rata-rata peningkatannya  36,7 dengan kriteria baik walaupun masih ada beberapa siswa belum mempunyai motivasi mencapai kriteria baik maka akan dilakukan bimbingan secara klinis untuk menemukan masalah yang dihadapi siswa sehingga motivasi siswa dapat meningkat dalam mengikuti pembelajaran.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo
View My Stats