EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAGEMEN WAKTU BELAJAR SISWA SMA IT GRANADA SAMARINDA

Dwi Sona, Ulfa Dwi Yanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan manajemen waktu belajar peserta didik SMA IT Granada Samarinda. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Su mber data dari penelitian yaitu dari guru BK, wali kelas, dan peserta didik SMA Granada Samarinda. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dan analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu, bahwa permasalahan kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengelola waktu belajar di rumah ataupun di sekolah tidak efektif dan efisien. Permasalahan kurangnya kemampuan peserta didik untuk memanajemen waktu belajarnya merupakan permasalahan kemandirian, kedisiplinan, dan motivasi dari peserta didik itu sendiri. Kesimpulannya adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengelola waktunya dalam belajar. Saran terhadap permasalahan ini yaitu, guru bimbingan dan konseling agar lebih memperhatikan permasalahan yang seperti ini dan menindak lanjutinya dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management.
Kata Kunci: Efektivitas Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, dan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v2i2.1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats