PROBLEMATIKA BIMBINGAN DAN KONSELING BIDANG AKADEMIK PESERTA DIDIK SMA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR)

Ma’rifatin Indah Kholili, Duta Akbar Nugroho, Dwi Nur Khasanah, Imas Ayu Inggil Pangestuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika akademik serta upaya penangannya pada peserta didik di SMA. Metode yang digunakan yaitu Systematical Literatur Review (SLR) dengan mengumpulkan referensi dari berbagai jurnal dalam rentang waktu dari 2010-2020. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif  metode meta sintesis, yaitu metode yang berupaya mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi keseluruhan hasil penelitian sesuai dengan pertanyaan penelitian, topik, ataupun fenomena yang menjadi kajian. Hasil temuan penelitian ini yaitu terdapat berbagai macam problematika bidang akademik yang dialami oleh peserta didik SMA, seperti: prokrastinasi akademik, hasil belajar rendah,  keterampilan berbicara rendah, cyberloafing, self-efficacy, stres akademik, student truancy, meningkatkan student engagement, tanggungjawab belajar rendah, kemandirian belajar rendah, regulasi diri rendah, capaian akademik rendah, dan motivasi belajar rendah. Sedangkan strategi penanganan yang ditawarkan diantaranya adalah: cognitive behavior modification teknik self-control, teknik self management dengan aplikasi any.do, cooperrative learning, modeling simbolik, konseling kelompok teknik self-control, cinema therapy, progressive muscle relaxation, video tutorial strategi problem focused coping, kelompok behavioral teknik self-manajement dan reinforcement, clasical format mindfulness deep breathing, strategi self-manajement, bimbingan kelompok metode problem solving, contextual teaching and learning dengan pendekatan ahli, konseling behavioral teknik self-manajemen, teknik relaksasi, konseling kelompok teknik problem solving, bimbingan kelompok teknik stimulus, konseling kelompok berbasis solusi, strategi coping, dan quantum learning.

 Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Peserta didik SMA, Problematika Akademik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v2i2.1764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats