KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN KEPADA ORANG LAIN (PENELITIAN PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN KARUNA PUTRA)

Eko Adi Putro, Ahmad Jawandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data sikap kepedulian kepada orang lain Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan serta untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan permainan mampu meningkatkan sikap kepedulian kepada orang lain Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra. Metode penelitian menggunakan pre eksperimental pre test post-test design. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Simple test.
Hasil perhitungan pre-test bahwa rata-rata sikap kepedulian kepada orang lain sebelum diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan permainan berada dalam kategori sedang dengan persentase 63.65%.
Setelah mendapatkan perlakuan berupa bimbingan kelompok mengalami peningkatan yaitu sebesar 13.78% menjadi 77.43% dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji wilcoxon terhadap kepedulian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan Zhitung = 3.065 > Ztabel = 002. Berdasarkan hasil tersebut maka bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan efektif meningkatkan sikap kepedulian Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra. Luaran penelitian ini adalah publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional ber ISSN serta publikasi pada pertemuan ilmiah Refanas. Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang menghasilkan prinsip dasar teknologi, formulasi konsep dan aplikasi teknologi, hingga pembuktian konsep penelitian dengan indikator TKT 3.


Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Permainan, Sikap Kepedulian Kepada Orang Lain


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.