PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TENTANG MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 SEWON

Lu’luun Nafisah, Ariadi Nugraha, Sri Hartini, Siti Muyana

Abstract


ABSTRACT

This study aims to develop a training module using problem solving techniques on study time management for class VII students at SMP Negeri 4 Sewon. The type of research used in this research is Research and Development (RnD) using a 4D model (Define, Design, Development and Dissemination). Based on the results of interviews that have been conducted by researcher, it can be seen that there are still many students who find the difficult to do assignments, students are not aware of the importance of learning and lack of awareness of students to do assignments. Thus, to assist students in learning time management, one of them is by using a training module. This research produces a product in the form of a training module on learning time management. The result of the material expert test obtained a score of 89.58 in the very good category, the media expert test obtained a score of 85 in the very good category and the expert test on guidance and counseling services obtained a score of 77 very good categories. Thus, the training module on study time management for grade VII students of SMP Negeri 4 Sewon is feasible to use.

 

Keywords: learning time management, students, training module

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pelatihan dengan menggunakan teknik problem solving tentang manajemen waktu belajar untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Sewon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Dissesmination). Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti, dapat diketahui bahwa masih banyak siswa yang merasa kesulitan untuk mengerjakan tugas, siswa belum sadar akan pentingnya belajar dan kurangnya kesadaran siswa untuk mengerjakan tugas. Dengan demikian, untuk membantu siswa dalam manajemen waktu belajar salah satunya dengan menggunakan modul pelatihan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul pelatihan tentang manajemen waktu belajar. Hasil uji ahli materi diperoleh skor 89,58 kategori sangat baik, uji ahli media diperoleh skor 85 kategori sangat baik dan uji ahli layanan bimbingan dan konseling diperoleh skor 77 kategori sangat baik. Dengan demikian, modul pelatihan tentang manajemen waktu belajar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sewon layak untuk digunakan.

 

Kata kunci: manajemen waktu pembelajaran, siswa, modul pelatihan


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. 5(1), 24–32.

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akamedia

Purwanto, A. R., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Depdiknas

Reza, J J. (2010). Manage Your Time for Success Cerdas Mengelola Waktu umtuk Mencapai Sukses.Yogyakarta: ANDI.

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok.Malang: Universitas Negri Malang.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h.54-71

Sugiyono. (2018).Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta CV,

Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81-94.

Ungguh, J. M. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler: Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats