PROFIL SELF CONTROL MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK DI STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Yogga Bristone, Zulfikar Zulfikar, Septya Suarja

Abstract


ABSTRACT

The problem of this research is motivated by the existence of students who are less able to control themselves in the lecture process, there are students who like to procrastinate in completing lecture assignments, and students who like to be late in attending lecture classes. The purpose of this study is to describe: student self-control in overcoming academic procrastination in terms of the ability to control behavior, the ability to control the stimulus, the ability to anticipate an event or events, the ability to interpret events or events, and the ability to make decisions. quantitative descriptive The research population was 280 students.

The sampling technique used is simple random sampling. The number of samples in this study was 164 respondents. The instrument used is a questionnaire. Data analysis with interval scores. The results of this study revealed that in general students' self-control in overcoming academic procrastination was in the high category. Furthermore, it can be seen from the indicators: 1) ) Self control of students in overcoming academic procrastination based on indicators of ability to control behavior is in the high category, 2) Self control of students in overcoming academic procrastination based on indicators of ability to control stimulus is in the fairly high category, 3) Self control of students in overcoming academic procrastination based on indicators of the ability to anticipate an event or event is in the high category, 4) Self-control of students in overcoming academic procrastination based on indicators of ability to interpret events or events is in the high category, 5) Self-control of students in overcoming academic procrastination based on indicators of ability decision making is in the fairly high category. Based on the findings of this study, it is recommended for students to be able to further improve self-control so that they are able to overcome academic procrastination in lectures.

 

Keywords : Self Control, Academic Procrastination

 

ABSTRAK

Permasalahan  penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya mahasiswa yang kurang dapat mengontrol dirinya dalam menjalani proses perkuliahan, adanya mahasiswa yang suka menunda dalam menyelesaikan tugas perkuliahan , dan mahasiswa yang suka terlambat dalam mengikuti kelas perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik dilihat dari aspek kemampuan mengontrol perilaku, kemampuan mengontrol stimulus, kemampuan mengantisipasi suatu peristiwa atu kejadian, kemampuan menafsikan peristiwa atau kejadian, dan kemampuan mengambil keputusan.Penelitian   ini   dilakukan   dengan   menggunakan   metode   deskriptif kuantitatif Populasi penelitian adalah 280 mahasiswa.

Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini  164 orang responden. Instrumen yang digunakan berupa angket. Analisis data  dengan skor interval. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum  self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik berada pada kategori tinggi. Selanjutnya dilihat dari indikator:  1) ) Self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik berdasarkan indikator kemampuan mengontrol perilaku berada pada kategori tinggi, 2) Self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik berdasarkan indikator kemampuan mengontrol stimulus berada pada kategori cukup tinggi, 3) Self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik berdasarkan indikator kemampuan mengantisipasi suatu peristiwa atau kejadian berada pada kategori tinggi, 4) Self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik berdasarkan indikator kemampuan menafsirkan peristiwa atau kejadian berada pada kategori tinggi, 5) Self control mahasiswa dalam mengatasi prokrastinasi akademik berdasarkan indikator kemampuan mengambil keputusan berada pada kategori cukup tinggi. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada mahasiswa agar dapat lebih meningkatkan self control sehingga mampu untuk mengatasi prokrastinasi akademik dalam perkuliahan.

 

Kata Kunci : Self Control, Prokrastinasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Ansori, Miksan. 2020. Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. IAIFA PRESS.

Anwar, Muhammad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Atik Rokhana, Linda & Sutrisno, Sugeng. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNTAG Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen. Vol. 31 No. 1. ISSN : 085-1442.

Balkis Murat & Duru Erdinc. 2017. “Gender Differences in the Relationship between Academic Procrastination, Satifaction With Academic Life and Academic Performance”. Electronic Journal Of Research in Educational Psychology, vol 15, no 1. E-ISSN 1696-2095.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Endrianto, Catriyona. 2014. Hubungan Antara Self Control dan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan TMT. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 3; No. 1.

Eka Putri, Yola dkk. 2018. Self-Control of Students in Using the Internet. Univeritas Negeri Padang. Konselor. Volume 7 Number 3. ISSN: Print 1412-9760 _ Online 2541-5948.

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita S. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Noor Aini, Aliya & Hervi Mahardani, Iranita. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur. Volume I, No 2.

Thara Azhari, Dinie & Ibrahim, Yulidar. 2019. Self-control of Student who tend to Academic Procrastination. Universitas Negeri Padang. Jurnal Neo Konseling. Volume 1 Number 2. ISSN: Print 2657-0556 – Online 2657-0564. DOI: 10.24036/00109kons2019.

Titisari, Haryanti Tri Darmi. 2017. Hubungan antara Penyesuaian diri dan Kontrol diri dengan Perilaku Delikuen pada siswa SMA Muhammadiyah 1, Jombang. Psikodimensia, Vol. 16; No. 2, ISSN online : 2579-6321.

Ursia, Nela Regar, dkk. 2013. “Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya”. Makara Seri Sosial Humaniora,17(1): 1-8. DOI: 10.7454/mssh.v17i1.17




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats