ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN DARING

Emma Juwita Magdalena Sirait

Abstract


ABSTRAK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua. Pembelajaran Daring dapat dilaksanakan melalui a) Media Belajar seperti ; Aplikasi Belajar Online, Pesan Instan ( WA,FB), media konferensi dan media berbasis video. b) Aktivitas belajar daring seperti ; menyampaikan materi, sesi tanya jawab, pemberian tugas dan koreksi tugas. Pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kelemahan terhadap peserta didik terkhusus mahasiswa. Learning loss terjadi karena kurangnya kualitas serta fasilitas bagi anak yang menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh. Sehingga akhirnya berdampak pada penurunan capaian belajar. Perubahan metode mengajar dari yang tatap muka menjadi daring juga menyebabkan motivasi belajar mahasiswa menjadi berubah sehingga berdampak akan terjadinya Learning loss.  Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter hadir dengan pertimbangan bahwa dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab, pemerintah memandang perlu penguatan pendidikan karakter.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter mahasiswa , serta  dampak Learning Loss dalam pembelajaran Daring oleh mahasiswa BK FKIP UBT. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.

 

Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Learning Loss


References


Azzet, Akhmad. Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Naim, Ngainun (2012). Character Building. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Raka, Gede dkk (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta : Pt. Elex Media Komputindo.

Wibiwo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi.Yogyakarta Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats