HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS IX SMP PGRI 1 BUDURAN

Lutfiah Indar Fitrianti, Elia Firda Mufidah, Dimas Ardika Miftah Farid

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data sikap kepedulian kepada orang lain Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan serta untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan permainan mampu meningkatkan sikap kepedulian kepada orang lain Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra. Metode penelitian menggunakan pre eksperimental pre test post-test design.  Teknik analisis data menggunakan uji Paired Simple test. Hasil perhitungan pre-test bahwa rata-rata sikap kepedulian kepada orang lain sebelum diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan permainan berada dalam kategori sedang dengan persentase 63.65%.  Setelah mendapatkan perlakuan berupa bimbingan kelompok mengalami peningkatan yaitu sebesar 13.78% menjadi 77.43% dan termasuk dalam kategori tinggi.  Berdasarkan hasil uji wilcoxon terhadap kepedulian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan  Zhitung = 3.065 > Ztabel  = 002.  Berdasarkan hasil tersebut maka bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan efektif meningkatkan sikap kepedulian Anak-anak Panti Asuhan Karuna Putra. Luaran  penelitian ini adalah publikasi hasil penelitian pada jurnal nasional ber ISSN serta publikasi pada pertemuan ilmiah Refanas.  Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang menghasilkan prinsip dasar teknologi, formulasi konsep dan aplikasi teknologi, hingga pembuktian konsep penelitian dengan indikator TKT 3.

 

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok  Dengan Menggunakan Permainan, Sikap Kepedulian Kepada Orang Lain


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap siswi di SMP Al-Hamidiyah Palembang. Diss. UIN RADEN FATAH PALEMBANG, 2017., 53(9), 1689–1699. http://eprints.radenfatah.ac.id/1554/5/BAB II agra.pdf

Cahyanuari, L. D. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja.

Chotimah, P. C. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter terhadap Perilaku Agresif Remaja Usia 12-18 di Desa Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.

Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2016). Pendidikan Orang Tua Dan Aspek-aspek Kepribadian Pada Prilaku Disruptif Anak. Empaty, 5(3), 491–502. https://media.neliti.com/media/publications/69811-ID-none.pdf

Isni, A. (2014). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung Universita Pendidikan Indonesia. Cell, 28. http://repository.upi.edu/12418/5/S_PEA_1005816_Chapter2.pdf

Mufidah, E.F., Wirstania, A., Pravesti, C.A. (2021). Studi Kasus: Permasalahan yang Sering Ditangani Guru Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar dan Sekolah Mengangah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6 (1). 7-12. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JBKI/article/view/1651

Munawir, M. (2016). Dampak Perbedaan Pola Asuh terhadap Perilaku Agresif Remaja di SMA 5 Peraya. Jurnal Psychology, 19–20. http://mpsi.umm.ac.id

Nabilah, F. U. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Remaja ( Studi Pada Siswa Kelas XI). http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6883/1/COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Novitasari, Z. dkk. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap perilaku Agresif Siswa di MTS SA Darul Istiqomah Bojonegoro.

Rizki, B. L. P., Tri, U., & Rosmawati. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial (Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/207196-pengaruh-pola-asuh-orang-tua-terhadap-pe.pdf

Salfina. (2020). Hubungan antara Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Agresivitas pada Siswa SMP Negeri 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah. Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Shoviana. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Pendidikan Islam dalam Keluarga dengan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI SMA N 2 Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5287/1/skripsi pdf.pdf.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Sutopo (ed.); 8th ed.). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats