PEMAHAMAN PENYUSUNAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Aniek Wirastania, Elia Firda Mufidah, Dimas Ardika Miftah Farid

Abstract


Abstrak

Pembimbingan dan   layanan konseling merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mendampingi dan memfasilitasi untuk optimalisasi perkembangan peserta didik. Pentingnya layanan kegiatan bimbingan dan konseling ini maka dibutuhkan program yang baik, sehingga diperlukan pemahaman yang dalam penyusunan program bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman penyusunan program layanan bimbingan dan konseling peserta semilokanas ABKIN Jatim sebanyak 147 peserta yakni guru bimbingan dan konseling dan serumpun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian ini mengungkapkan pemahaman responden dalam penyusunan program  bimbingan dan konseling tergolong baik.

 

Kata Kunci : pemahaman, penyusunan program, layanan bimbingan dan konseling


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Bastomi, H. (2020). Pemetaan Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas). KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 35–55. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7418

Daryono, ; dkk. (2014). Model Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 123–129.

Ditjen PMPTK. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 61.

Febrini, D., Amaliah, A., & Niswah, N. (2020). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Praktik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI). http://repository.iainbengkulu.ac.id/5130/1/BK di Sekolah.pdf

Hanurawan, F. (2016). Metode penelitian

kualitatif untuk ilmu psikologi. PT RajaGrafindo Persada.

Mufidah, E. F., Ardika, D., & Farid, M. (2022). PEMBERIAN LAYANAN TES BAKAT MINAT KARIER UNTUK SISWA SMK. BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 61–66.

Mufidah, E. F., Wirastania, A., & Pravesti, C. A. (2021). Studi Kasus: Permasalahan Yang Sering Ditangani Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 7. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1651

Rahman, F. (2008). Penyusunan Program BK di Sekolah. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramli, M., & Flurentin, Nur Hidayah Elia Zen, Ella Fariddati Hambali, B. B. L. I. (2017). Bab I Esensi Bimbingan Dan Konseling Pada Satuan Jalur, Jenis, Dan Jenjang Pendidikan. In KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN.

Restu, V. (2015). Pengembangan Program Layanan Pendidikan Inklusif. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–8. http://repository.upi.edu/21070/

Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J. S. (2007). Metodologi penelitian psikologi. Edisi Ke-7. Pustaka Pelajar.

Triyono dan Musyarofah. (2016). MODUL GURU PEMBELAJAR : Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK). In Journal Education.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats