PERAN KONSELING REALITAS DALAM MENURUNKAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA

A. Ahmad Ridha

Abstract


Abstrak

Idealnya, mahasiswa program sarjana dapat menyelesaikan pendidikan dalam jangka waktu empat tahun. Namun, dalam proses menempuh pendidikan seringkali mahasiswa terkendala dalam penyusunan skripsi hingga menyebabkan terjadi prokrastinasi dan menghambat kelulusan. Konseling realitas dapat digunakan untuk membantu mahasiswa menyadari tanggungjawabnnya untuk menyelesaikan penyusunan skripsi sebagai tugas akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling realitas dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik penyusunan skripsi pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode single case experimental design dengan perlakuan berupa pemberian konseling realitas pada satu orang subjek penelitian. Subjek penelitian merupakan mahasiswa semester sepuluh yang melakukan prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi. Instrumen penelitian berupa skala prokrastinasi akademik. Data dianalisis secara deskriptif dengan mendeskripsikan perubahan yang dialami subjek penelitian sebelum dan setelah pelaksanaan konseling realitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek mengalami penurunan tingkat prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi setelah pelaksanaan konseling realitas.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Bariyyah, K., & Sari, E. K. W. (2014). Efektivitas konseling realita untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa bimbingan dan konseling. Prosiding international guidance and counseling seminar. ISBN: 978-602-17125-4-2

Corey, G. (2013). Teori dan praktek: Konseling & psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Dewitte, S, & Lens,W. (2000) Eksloring volitional Problems in a Academic Procrastination, International journal of educational Research, 33. 733-750.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., McCown, W. G. (2009). Procrastination and task avoidance: theory, research, and treatment. (Online)(http://books.google.com/books?id=Lu4r0H_wcVcC&hl=id&siesec=reviews), diakses 20 Desember 2021.

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2010), Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Irmawanti F. D. (2009). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Istirochah. (2021). Efektivitas konseling terapi realitas dalam menurunkan prokrastinasi akademik pada mahasiswa (Studi kasus mahasantri Pondok Pesantren An-Nur Yadrusu Malang). Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Knaus. W. (2002). The procrastination workbook. New York: Harbinger Publications, Inc.

Latipun. (2015). Psikologi konseling. Malang: UMM Press.

Mustakimah. (2017). Pengaruh konseling kelompok pendekatan realitas untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa (Penelitian siswa kelas XI TKR A SMK Putra Bangsa Salaman Magelang). Skripsi. Magelang: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Qomariyah, N. (2016). Efikasi diri, ketidaknyamanan terhadap tugas, dan konformitas teman sebaya sebbagai prediktor prokrastinasi akademik. Tesis. Program Magister Psikologi. Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats