RASIONAL EMOTIF TERAPI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MASA PANDEMI COVID

Bella Rizki Ananda, Ainur Rosidah, Saikhoni Saikhoni

Abstract


Abstrak

Masa pandemi covid dapat membuat siswa menjadi jenuh dan bosan dalam pembelajaran yang diberikan guru karena kurang adanya pemahaman materi yang disampaikan sehingga menyebabkan rendahnya disiplin belajar pada diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif berupa pre experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design dengan populasi 30 orang siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Talangpadang dan sampel penelitan 12 siswa. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian untuk meningkatkan disiplin belajar siswa yang rendah. Hasil penelitian diperoleh Z hitung sebesar 3,063> Z tabel 1,96 dan nilai (sig) sebesar 0,002 < 0,05. diperoleh rata-rata skor pretest 73 dan posttest 126,2. Berdasarkan penghitungan skor menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata skor sebelum dan sesudah diberikan layanan berupa rasional emotif terapi dengan selisih rata-rata 53,2. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa teknik rasional emotif terapi efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa pada masa covid.

Kata Kunci : Disiplin Belajar, masa pandemic covid, Konseling Kelompok, Rasional Emotif Terapi


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Herlina, Uray. (2015) Teknik role playing dalam bimbingan kelompok. Social Horison: Jurnal Pendidikan Sosial, 2 (1), 94-107. DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v2i1.55.

Herliandry, Devi, L,. Dkk., (2020) Pembelajaran pada masa pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 22 No 1.

Latipun, (2008) Psikologi konseling. Badan Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang

Muti, Riska, K. (2018), Efektivitas konseling kelompok dengan teknik rasional emotive behavior therapy dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Tersedia online di repository.radenintan.ac.id

Rahayu, Fitri. (2018) Pengaruh kemandirian belajar, minat belajar, disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. tersedia online di journal.uny.ac.id

Rasimin & Hamdi (2019) Bimbingan dan Konseling Kelompok. Badan penerbit PT Bumi Aksara Jakarta

Sugiyono. (2015) Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif. Dan R&D. Badan penerbit Alfabeta Bandung

Sukmasana, Elly. (2016) Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal kreatif: jurnal kependidikan Dasar. Vol 7 no 1. Hal 1-14.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats