UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI CCYBERBULLYING DI SMP NEGERI 10 TARAKAN

Faujiah Ariyanti, Suriata Suriata, M. Said Zainuddin, Suprianto Suprianto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Ccyberbullying di SMP Negeri 10 Tarakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analisis deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru waka kesiswaan, dan guru tata tertib yang berada di SMP Negeri 10 Tarakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi ccyberbullying kepada siswa adalah memberikan layanan konseling individu dengan memberikan bimbingan atau pemahaman sebanyak 3 kali, memberikan poin ccyberbullying, memberikan skorsing sebanyak 3 hari, memanggil orangtua, dan dengan memberikan kegiatan tambahan. Untuk siswa yang menjadi korban ccyberbullying juga diberikan bimbingan atau pemahaman dan motivasi-motivasi sebanyak 2 sampai 3 kali, diberikan kegiatan tambahan atau mengikutkan siswa dalam olahraga dilapangan supaya siswa tidak merasa trauma, mau bergaul dengan yang lain atau dengan temannya, dan tidak berujung menjadi depresi.

 

Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Ccyberbullying


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Conger, R. D., Conger, K. J., & Martin, M. J. (2010). Socioeconomic status, family processes, and individual development. Journal of Marriage and Family, 72(3), 685–704.

Creswell, J. W., & Creswell, J. (2003). Research design. Sage publications Thousand Oaks, CA.

Gurnita, W. N., & Suwarti, S. (2013). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Pola Kelekatan Remaja Dengan Teman Sebaya Pada Peserta Didik Di Sltp Negeri 1 Ayah, Kebumen. Psycho Idea, 11(2).

Hoff, D. L., & Mitchell, S. N. (2009). Ccyberbullying: Causes, effects, and remedies. Journal of Educational Administration.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Khairuni, N. (2016). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak anak (studi kasus di smp negeri 2 kelas viii banda aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91–106.

Marneta, A. L., & Sukmawati, I. (2021). The Tendency of Ccyberbullying Behavior in Terms of Gender of Students. Consilium, 1(1), 1–8.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Data management and analysis methods. Sage Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi Cet. Ke-21. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwoko, S. B., & Psi, S. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: LCH.

Putro, H. Y. S., Rachman, A., Setiawan, M. A., & Pahri, M. (2022). Modul digital layanan klasikal melalui platform zedemy untuk meminimalisir perilaku ccyberbullying. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 96–101.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.

Slonje, R., Smith, P. K., & Frisén, A. (2013). The nature of ccyberbullying, and strategies for prevention. Computers in Human Behavior, 29(1), 26–32.

Subagia, I. N. (2015). Konfrontasi Etika Remaja Pada Zaman Globalisasi. Denpasar: IHDN Denpasar.

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.2715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats