LAYANAN PEMINATAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Tri Cahyono

Abstract


Abstract

Student specialization is a process of making choices and decisions by students in areas of expertise based on understanding their own potential and existing opportunities. Service specialization of students is the responsibility of the principal by involving all components in the school. Specialization in cross-subject options and the choice of deepening subject matter is an effort to assist students in choosing and determining the subjects to be followed in high school education units in order to understand and choose the direction of career development, and prepare themselves and choose further education up to university. according to general basic abilities, talents, interests and preferences of each student. This research is library research that examines the process of specialization services at the senior high school (SMA) level in the independent curriculum. The results of this study concluded that specialization services at the SM School level were carried out through 4 stages, including: 1) providing information on specializations; 2) data collection; 3) identification and determination of specialization; 3) adjustment and assistance; 4) monitoring and follow-up.

 

Keywords: merdeka’s curriculum, specialization services

 

Abstrak

Peminatan peserta didik merupakan suatu proses pengambilan pilihan dan keputusan oleh peserta didik dalam bidang keahlian yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada. Pelayanan peminatan peserta didik menjadi tanggung jawab kepala sekolah dengan melibatkan semua komponen yang ada di sekolah. Peminatan pilihan lintas mata pelajaran dan pilihan pendalaman materi mata pelajaran merupakan upaya untuk membantu peserta didik dalam memilih dan menetapkan mata pelajaran yang diikuti pada satuan pendidikan di SMA dalam rangka memahami dan memilih arah pengembangan karir, dan menyiapkan diri serta memilih pendidikan lanjutan sampai ke perguruan tinggi sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat dan kecenderungan pilihan masing-masing peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian Pustaka yang mengkaji proses layanan peminatan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di kurikulum merdeka. Hasil kajian ini menyimpulkan bahwa layanan peminatan pada jenjang Sekolah SM)dilakukan melalui 4 tahapan, diantaranya: 1) pemberian informasi peminatan; 2) pengumpulan data; 3) identifikasi dan penetapan peminatan; 3) penyesuaian dan pendampingan; 4) monitoring dan tindak lanjut.

 

Kata Kunci : Kurikulum merdeka, layanan peminatan


Full Text:

PDF

References


ABKIN (2013). Panduan Khusus Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Peminatan Siswa). ABKIN

Afrizal. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.

Cahayani, dkk (2014) Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelayanan Peminatan Akademik Kurikulum 2013 Di SMAN I Sooko Mojokerto. Jurnal BK UNESA Vol 4, No 3 (2014)

Cahyono, Tri (2019). Layanan Peminatan: Konsep dan Realita. Proceeding Konvensi Nasional XXI, Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Bandung, 27-29 April 2019

Dewi, dkk (2014). Survei Tentang Hambatan-Hambatan Selama Proses Peminatan (Dalam Konteks Bk) Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Siswa Di SMA Negeri Se-Kota Surabaya. Jurnal BK UNESA. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2014

Kemendikbud (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Guru BK/Konselor Implementasi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Ditjen GTK

Kemendikbud (2013). Pedoman Peminatan Peserta Didik. Jakarta: Ditjen GTK

Prayitno. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Prayitno & Erman Amti, Erman. 2004. Dasar-Dasar BK. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W.S., & Hastuti, S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i2.3520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tri Cahyono



View My Stats