HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA

Rima Rahmadiana, Tri Umari, Donal Donal

Abstract


Abstract
This study aims to determine the relationship between assertive behavior and social adjustment of class X students of SMAN 2 Tebing Tinggi. This research is a descriptive quantitative correlational research. The sample in this study amounted to 142 students obtained through random sampling technique. Data collection techniques in this study were carried out using an assertive behavior scale and a social adjustment scale. The data analysis technique used product moment correlation with the Pearson formula with the help of IMB SPSS version 25. The results showed that there was a significant and positive relationship between assertive behavior and students' social adjustment, this is evidenced by the product moment test analysis results obtained a significance value (sig. 2 tailed) is 0.727 which means that the value is <0.05. Thus, it means that there is a significant relationship between assertive behavior and social adjustment.
Keywords : Assertive Behavior; Social Adjustment
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian sosial siswa kelas X SMAN 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa yang diperoleh melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan skala perilaku asertif dan skala penyesuaian sosial. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momment dengan rumus pearson dengan bantuan IMB SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara perilaku asertif dengan penyesuaian sosial siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji product moment diperoleh nilai signifikansi (sig. 2 tailed) adalah 0,727 yang memiliki arti bahwa nilai < 0,05. Dengan demikian berarti terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku asertif dengan penyesuaian sosial..
Kata Kunci : Perilaku Asertif; Penyesuaian Sosial

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. new harbinger publications.

Fensterheim. Jangan Bilang Ya Bila Anda Akan Mengatakannya Tidak.Jakarta: Gunung Jati, 1995.

Hurlock, E.B. (2000). Perkembangan Anak Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1370-1377.

Kau, M. A., & Idris, M. (2018). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 4(2), 99-99.

Mardani, I. R., & Karyanta, N. A. (2013). Hubungan antara Perilaku Asertif dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Kelas X Asrama SMA MTA Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(3 Des).

Puspa, D. (2019). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Sabilina Di Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rini, R., Bahri, S., & Zuliani, H. (2016). Kontribusi Perilaku Asertif Remaja Terhadap Penyesuaian Sosial (Suatu Penelitian di MAN Kota Banda Aceh). JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(1)

Rohyati, E., & Purwandari, Y. H. (2017). Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1).

Sabda, M. (2013). Hubungan perilaku asertif dengan penyesuaian sosial pada siswa MTs Al Istam Serang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wardani, R. (2010). Hubungan antara kompetensi sosial dengan penyesuaian sosial pada remaja. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 34(01), 92-103.

Yudrik, J. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta. Kencana.

Yasdiananda, E. W. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 Merangin. Jurnal Psikologi, 1(1), 102- 111.

Yusuf, Syamsu, (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Wee, D. (2021). Tegas Membangun Batas. LAKSANA.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i1.4062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rima Rahmadiana, Tri Umari, Donal Donal



View My Stats