PELATIHAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI: GURU BIMBINGAN DAN KONSELING KREATIF BERINOVASI

Ni Made Diah Padmi, Tri Cahyono

Abstract


Abstract
The results of the initial data in the previous study obtained an overview of the 3 problems found, namely teachers and students had not optimally utilized Information Technology facilities, had not been proficient enough in utilizing Information Technology applications that were useful in supporting Guidance and Counseling services, had never conducted development training Information Technology-based media for Guidance and Counseling teachers in Tarakan City. Based on the potential problems obtained, collaboration is carried out in providing training in the development of information technology-based media as a movement to increase teacher skills in utilizing Information Technology. This program is expected to improve the quality of Guidance and Counseling services. The goal is to maximize the use of Information Technology which is growing as a support for Guidance and Counseling services in schools. This activity carries mentoring material in optimizing Microsoft Powerpoint as a teaching medium and compiling an online assessment through Google Forms which was held for two days in the Meeting Room of SMP Negeri 1 Tarakan on Wednesday-Thursday, 28-29 July 2022.
Keywords: Information Technology, Guidance Counseling
Abstrak
Hasil data awal dalam penelitian sebelumnya, memperoleh gambaran adanya 3 permasalahan yang ditemukan yaitu guru dan Mahasiswa belum secara optimal memanfaatkan sarana Teknologi Informasi, belum cukup cakap dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi Teknologi Informasi yang bermanfaat dalam menunjang layanan Bimbingan dan Konseling, belum pernah dilakukan pelatihan pengembangan media berbasis Teknologi Informasi terhadap guru Bimbingan dan Konseling di Kota Tarakan. Berdasarkan potensi masalah yang diperoleh, maka dilakukan kolaborasi dalam memberikan pelatihan pengembangan media-media berbasis teknologi informasi sebagai gerakan meningkatkan kecakapan guru dalam memanfaatkan Teknologi Informasi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan Bimbingan dan Konseling. Muaranya adalah memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi yang semakin berkembang sebagai penunjang layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Kegiatan ini mengusung materi pendampingan dalam optimalisasi Microsoft Powerpoint sebagai media ajar dan Penyusunan Assesment Online melalui Google Formulir yang dilaksanakan selama dua hari di Ruang Pertemuan SMP Negeri 1 Tarakan pada Hari Rabu-Kamis, 28-29 Juli 2022.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


Diana, Vera. (2018). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bimbingan Dan Konseling.†Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang 05 Mei 2018 53(9):273–74.

Feida Noorlaila Isti’adah, Cucu Arumsari, Aam Imaddudin, Gian Sugiana sugara, Agung Nugraha, Dewang Sulitiana. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.†Semnas LPPM.

Handika, M., & Marjo, H. (2022). Etika Pelaksanaan Konseling Berbasis Online dengan Pemanfaatan Media dan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Haniza, Nurul, and Alex Iskandar. (2017). “Mengatasi Hambatan Bimbingan Konseling Di Sekolah Melalui Layanan Berbasis ICT.†Seminar Konseling & Talkshow Nasional (April):1–7. Paedagogy, 9(1), 17-23. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4456

Idris, “Efektifitas Penggunaan TIK dalam Pembelajaran PAI.†Jurnal Potensia, Vol. 14 Edisi 2 (2015)

Jannah, R., & Marjo, H. (2022). Etika Profesi Konselor dalam Layanan Bimbingan Konseling Virtual. Jurnal Paedagogy, 9(1), 55-61. doi:https://doi.org/10.33394/ jp.v9i1.4556

Munir. 2009. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi informasi dan Komunikasi Vol. 2. No 2, Desember

Munir. (2013). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Mutmainnah, Aqida Nurul, Rizki Yulidah, and Sinta Yuniarti. (2017). “Media Bimbingan Konseling Berbasis Hypermedia.†150(2008):230–38.

Pautina, Amalia Rizki. (2017). “Konsep Teknologi Informasi Dalam Bimbingan Konseling.†Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2):1–12.

Prasetiawan, Hardi. (2017). Optimalisasi Multimedia dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1 (1):Juni pp. 199-204.

Permendikbud RI. 2014. Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Prasetiawan, Hardi. 2017. Optimalisasi Multimedia dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Nasional BK. Vol 1. No. 1 Juni 2017

Rd Wilda Zakiyatunnufus. (2016). “Memanfaatkan Media Teknologi Informasi dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah.â€

Rizki Putri Amelia, Dra Retty Filiani, and Herdi M. Pd. (2014). “Self-Efficacy TerhadapPenggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Guru Bk/Konselor SMAN Jakarta Pusat,.†106–10.

Riski, Amalia. 2017. Konsep Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.5. No.2, Agustus

Riski, Amalia. 2017. Konsep Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 5 No. 2 Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i1.4065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ni Made Diah Padmi, Tri Cahyono, Wayan Eka Paramartha



View My Stats