KONSEP LAYANAN PEMINATAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Tri Cahyono, Ni Made Diah Padmi

Abstract


Abstract

Determining the choice of cross-subject specialization, and the choice of subject depth is a process that will involve a series of choices and decisions made by students based on an understanding of their own potential and opportunities that exist in their environment. Problems will occur if students are unable to determine the choice of specialization across subjects, and specialization deepens subject matter, so that it will hinder the learning process.

The merdeka curriculum provides opportunities for students to develop their abilities, talents and interests more broadly and openly in accordance with the principle of individual differences. This allows students to develop over achievement, namely students who have a level of mastery above predetermined standards both in knowledge, attitudes, and skills. For this reason, the merdeka curriculum structure provides (1) compulsory subjects to be followed by all students in one educational unit at each educational unit and level, and (2) elective subjects which are followed by students according to their choice. Compulsory subject groups are basic subject groups that must be followed by all students contained in the merdeka curriculum structure.

 

Keywords: Merdeka curriculum, specialization services

 

Abstrak

Penetapan pilihan peminatan lintas mata pelajaran, dan pilihan pendalaman mata pelajaran adalah sebuah proses yang akan melibatkan serangkaian pengambilan pilihan dan keputusan oleh peserta didik yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada di lingkungannya. Permasalahan akan terjadi jika peserta didik tidak mampu untuk menetukan pilihan peminatan lintas mata pelajaran, dan peminatan pendalaman materi mata pelajaran, sehingga akan menghambat proses pembelajaran. 

Kurikulum merdeka memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan minat secara lebih luas dan terbuka sesuai dengan prinsip perbedaan individu. Ini memungkinkan peserta didik berkembang over achievement, yakni peserta didik yang memiliki tingkat penguasaan di atas standar yang telah ditentukan baik dalam pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Untuk itu struktur Kurikulum merdeka menyediakan (1) mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan dan jenjang pendidikan, dan (2) mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik sesuai dengan pilihan mereka. Kelompok mata pelajaran wajib merupakan kelompok mata pelajaran dasar yang harus diikuti seluruh peserta didik yang termuat dalam struktur kurikulum merdeka.

 

Kata Kunci : Kurikulum merdeka, layanan peminatan


Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2013. Panduan Khusus Bimbingan Dan Konseling: Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: ABKIN

Borg, R & Gall, M.D. 1983. Educational Reseach.An Introduction. White Plain, New York: Longman, Inc

Basyaruddin & Rifma. 2020. Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 5 (1), 14-20

Fahira, dkk. 2022. Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMA 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience (JES). Volume 9, No. 3. Desember, Tahun 2022

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Guru BK/Konselor: Praktik Pelayanan Peminatan Peserta Didik. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Guru BK/Konselor: Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut Pelayanan Peminatan Peserta Didik. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Kemendikbud. 2013. Pedoman Peminatan Peserta Didik. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Ismail, Suhana, & Zakiah. 2020. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. 2(1), 76-84

Juliasni, A.J & Bastian,A. 2021. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Univ PGRI Palembang. Prosiding

Pratiwi, dkk. 2023. Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari 2023, 9 (1), 525-535




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i1.4081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tri Cahyono, Ni Made Diah Padmi



View My Stats