MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISTIK

Emmy Ardiwinata

Abstract


Abstract
Social interaction is the process in which people communicate to influences each other within thoughts and actions. But the weakness of autistic children in the field of social interaction is characterized by an inability to interact socially optimal.The purpose of research is to produce a model of group counseling with game techniques to develop social interaction of autistic children. This research uses a Research and Development (R&D),the research steps as follows: (1) Preparation of Model Development, (2) Designing the Model hypothetical, (3) Test the Feasibility Model hypothetical, (4) Preparation of Model Initial, (5) Initial Field Test Model, (6) Final Product. From the results of field trials, social interaction skills of autistic children experience growth after participating in activities with the technical guidance of the group games. Overall value of asymp sig 0.028 <0.05 then Ho is rejected and Ha accepted, so it can be concluded that the techniques of group guidance with effective game for autistic children develop social interaction. Suggestion: use model of group counseling with game techniques should be initiated with the objective conditions carefully diagnose autistic children who will serve as members of the group, playing techniques are used as the basis for treatment containing usefulness and meaningfulness values for autistic children and teachers can use the model of group counseling with game techniques to develop social interaction of autistic children.
Keywords : group guidance model, games technique, social interaction, autistic children.
Abstrak
Interaksi sosial adalah proses di mana orang-oarang berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi dalam pikiran dan tindakannya. Namun pada anak autistik terjadi kelemahan dalam bidang interaksi sosial ditandai dengan ketidakmampuan melakukan interaksi sosial yang optimal. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk mengembangkan interaksi sosial anak autistik.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) Persiapan Pengembangan Model, (2) Merancang Model Hipotetik, (3) Uji Kelayakan Model Hipotetik, (4) Penyusunan Model Awal, (5) Uji Lapangan Model Awal, (6) Hasil Akhir Produk.. Dari hasil uji coba lapangan, kemampuan interaksi sosial anak autistik mengalami perkembangan setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik permainan. Keseluruhan nilai asymp sig 0,028 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik permainan efektif untuk mengembangkan interaksi sosial anak autistik.Saran: penggunaan model bimbingan kelompok dengan teknik permainan sebaiknya dapat dimulai dengan mendiagnosa secara cermat kondisi objektif anak autistik yang akan dijadikan sebagai anggota kelompok, teknik permainan yang digunakan sebagai dasar perlakuan mengandung nilai kebermanfaatan dan kebermaknaan bagi anak autistik serta guru dapat menggunakan model bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk mengembangkan interaksi sosial anak autistik.
Kata Kunci : model bimbingan kelompok, teknik permainan, interaksi sosial anak autistik

Full Text:

PDF

References


Barakova, Emilia. 2009. Journal: Social Training Of Autistic Children With Interactive Intelligent Agent. Journal of Integrative Neuroscience, Vol. 8, No. 1 (2009) 23–34 Blocher, H. Donald. 1987. The Professional Counselor. NewYork:Mac Millan Publishing Company

Delphie, Bandi. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Sleman: Intan Sejati Klaten

Hasdianah. 2013. Autis Pada Ana: Pencegahan, Perawatan dan Pengobatan. Jogjakarta: Nuha Medika

Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis. Jakarta: Luxima

Kustawan, Dedy. 2013. Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima

Lakshita. 2013. Panduan Simpel Mendidik Anak Autis. Jogjakarta: Javalitera

Masnipal.2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Gramedia

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Prayitno dan Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 2009. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: PT. Ghalia

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sunardi.2005. Pedoman Pelaksanaan Program LayananBimbingan Dan Konseling Di Sekolah Luar Biasa. Bandung: UPI

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahjun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i1.4477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Emmy Ardiwinata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats