Pengembangan Instrumen Skala Empati Pada Mahasiswa

Yulia Novita Sari, Sukria Ahsan, Kusumawati Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen skala empati sehingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dalam megukur tingkat empati pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development (R&D). Subyek dalam penelitian ini adalah 150 mahasiswa semester empat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan KMO and Bartlett's Test dan Cronbach's Alpha. Dari rancangan instrumen awal sebanyak 28 item pertnyataan terdapat 16 item yang tidak valid, menyisakan 12 item yang valid dengan nilai KMO and Bartlett's Test 0,692 nilai cronbach alpha sebesar 0,696 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, instrumen siap digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas tersebut, instrumen empati pada mahasiswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas serta termasuk kedalam kategori validitas dan reliabilitas tinggi, sehingga instrumen skala empati pada mahasiswa dapat dikatakan layak untuk mengukur empati

Full Text:

Untitled PDF

References


Alfan Jonata, F., Hidayat, R., & Rini, R. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Rasa Empati Terhadap Sesama Siswa (Doctoral dissertation, IAIN CURUP).

Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., & Andrianie, S. 2020. Pengembangan Inventori Karakter Konseli (IKONS) Berbasis Nilai-Nilai Pribadi Ir. Soekarno. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 51–59. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4918

Azwar, Saifuddin. 2015. Penyusunan Skala Psikologi (Edisi Dua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R.A, & Byrne, D. 2005. Psikoloi Sosial edisi 10. Jakarta: Erlangga

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Eucation research: an introduction. 4th Edition. New York: Longman Inc.

Goleman, Daniel. 1997. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jorion, N., Gane, B. D., James, K., Schroeder, L., Dibello, L. V., & Pellegrino, J. W. (2015). An Analytic Framework for Evaluating the Validity of Concept Inventory Claims. Journal of Engineering Education, 104(4), 454–496. https://doi.org/10.1002/jee.20104

Rukhama, F. 2020. Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Sikap Empati Santri Putri Di Pondok Pesantren Baitul Muslim Desa Labuhan Ratu Satu Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Santi, A. W., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. 2022. Pengembangan Skala Karakter Empati Siswa Kelas XI SMA. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 39-50.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v6i1.5344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulia Novita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats