Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Nunukan

Merlin Merlin, Tri Cahyono, Riski Sovayunanto

Abstract


Percaya diri dapat diartikan sebagai sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap tercapainya setiap keinginan dan harapan yang diinginkan. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SMA Negeri 1 Nunukan adalah masih banyak siswa yang kurang percaya diri seperti malu, takut salah, dan tidak berani berpendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan karakter percaya diri siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Nunukan. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian terdiri dari dua guru bimbingan dan konseling yang ada di SMA Negeri 1 Nunukan, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian mengungkap bahwa percaya diri siswa di SMA Negeri 1 Nunukan masih kurang atau minim, dalam hal ini peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan percaya diri siswa dengan cara memberikan layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individual. Layanan yang paling sering digunakan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan adalah layanan bimbingan klasikal. Dengan layanan ini guru bimbingan dan konseling akan melakukan pembiasaan kepada peserta didik yaitu dengan cara meminta setiap peserta didik untuk maju ke depan untuk memberikan pendapat dari hasil pembelajaran yang telah diberikan oleh guru bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF

References


Afrina, Yanti. L. 2023. Peran guru BK dalam membina karakter siswa sekolah setelah pandemi covid 19 di MTsN 1 PASAMAN. Jurnal kegiatan penelitian pendidikan dan kebudayaan. 1(1).

Arianti. 2018. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Diktika jurnal pendidikan, 12(2).

Desmita. 2019, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya; Bandung.

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. 2023. Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di Smp Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. Faguru: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.

Palupi, N. 2019. Efektivitas penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas viii smp stella matutina salatiga tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(2), 75-83.

Rahmi, S., Suriata, Prihatin, T., Suprapto, (2021), Pelaksanaan Layanan Klasikal, Layanan Penempatan dan Penyaluran. Kanaka Media; Surabaya.

Septianti, I., Astuti, F., Mansyur, H. 2019. Menanamkan karakter percaya diri siswa melalui kegiatan pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 2 Bukittinggi. e-jurnal sendratasik 7(3).

Setiawan, G, Elmaningsi, T., Hidayatih, N.W. 2021. Peran guru bimbingan dan konseling dimasa pandemi covid-19 sekolah menengah atas Negeri 10 pontianak. BINKOS; jurnal bimbingan dan konseling. 1(2).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta; Bandung.

Zulkarnain, A., & Uzlifah, T. (2020). Bimbingan Klasikal Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta: Classical Guidelines In Building The Confidence Of Grade X IBB Man 3 Students, Bantul Yogyakarta. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 8-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling