Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran Di SMA Negeri 2 Nunukan Di Tinjau Dari Model CIPP (Context, Input, Process, Product)

Salma Salma, Tri Cahyono, Cici Ismuniar

Abstract


Layanan penempatan dan penyaluran merupakan bentuk dari layanan bimbingan dan konseling. Layanan ini membantu siswa yang kesulitan menentukan pilihan, belum mengetahui bakatnya, minat, dan hobbinya tidak tersalurkan dengan baik. Terdapat masalah bagaimana pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran ditinjau dari model CIPP di SMA Negeri 2 Nunukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA Negeri 2 Nunukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 1 orang guru BK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA Negeri 2 Nunukan memiliki tujuan atau context seperti, membantu pengentasan masalah siswa. Adapun input atau persiapan yang dilakukan guru BK yaitu perencanaan layanan, hal-hal yang dipersiapkan. Pada tahap pelaksanaan atau proses guru Bk menentukan waktu. Pada tahap hasil atau product guru BK akan melakukan evaluasi atau follow up terhadap layanan yang telah dilakukan.

Full Text:

PDF

References


ASCA. (2012). The ASCA National Model: A Framework for School Counseling Programs (third edition). Alexandria: American School Counselor Association.

Daryono, Sugiharto, D., & Sutoyo, A. (2014). Model Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMA. Jurnal Bimbingan Konseling.

Endriani, Y., & Karneli, Y. (2020). Peran Konselor dalam Mengembangkan Bakat Siswa melalui Layanan Penempatan dan Penyaluran. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 88-95.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing & Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria: American Counseling Association.

Hasanah, N. (2021). Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran untuk Menempatkan Jurusan Siswa di SMK Negeri 1 Natal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Jumari, Suwandi. 2020. Evaluasi program pendidikan madrasah ramah anak tinjauan teoritis dan praktis berbasis CIPP model. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata

Mahmudi, Ihwan. (2011). CIPP Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, Vol.6, No. 1

Rahmi, Siti dkk. (2021). Pelaksanaan Layanan Klasikal, Laayanan Penempatan dan Penyaluran. Surabaya, Jawa Timur.

Sapitri, A. (2019). Pelaksanaan Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Memilih Jurusan Siswa Kelas X SMA PAB 4 Sampali (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta; Bandung.

Tohirin, 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling